Gubernur dan Kemenparekraf RI, Apresiasi Pemko Pariaman Libatkan Anak Nagari

BERSAMA—Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiago Solahudin Uno, yang diwakili Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Oni Yulfian,

PARIAMAN, METRO–Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dan Menteri Pariwisata dan Eko­nomi Kreatif RI, Sandiago Solahudin Uno, yang diwakili Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Oni Yulfian, Apresiasi Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, Gelar Pesona Hoyak Tabuik Pariaman 2024, yang sukses mendatangkan puluhan ribu pengunjung, serta meningkatkan perekonomian di Kota Pariaman.

Puncak Pesona Budaya Hoyak Tabuik Pariaman 2024 ini, memang agak berbeda dari Tabuik-Tabuik sebelumnya, karena di Tabuik tahun ini, Pemko Pariaman menunjuk Anak Nagari sebagai Ketua Pelaksana dan sampai Duo Tabuik Pasa dan Subarang yang selama ini berada diluar pagar, kali ini berada didalam pagar tempat acara dilaksanakan. “Pesona Hoyak Tabuik Pariaman ini, telah terdaftar dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 di Kemenparekraf RI, karena itu diharapkan Tabuik Piaman ini, mampu meningkatkan pere­ko­nomian daerah dan memberikan multiplier effect kepada masyarakat,” ujar Mahyeldi Ansharullah dalam sambutanya di Pesona Budaya Hoyak Tabuik Pariaman 2024, Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Minggu (21/7).

Ia juga mengapresiasi kolaborasi yang tercipta antara Pj Wali Kota Pariaman, Roberia dan Ketua DPRD Kota Pariaman, Harpen Agus Bulyandi dan stakeholder lainya, yang secara aktif, kompak dan bersama-sama mensukseskan berbagai event pariwisata sampai Tabuik Pariaman yang dikelola oleh anak nagari ini. “Selama ini Menteri yang sering berkunjung ke Sumatera Barat adalah Menpare­kraf, ini menandakan bahwa kita di Sumbar memang menjadikan event Pariwisata salah satunya Tabuik Piaman ini telah menjadi andalan untuk menarik kunjungan wisata di Indonesia, dan Sumbar pada khususnya,” ucapnya.

Gubernur Sumbar ini juga berharap agar Puncak Pesona Hoyak Tabuik Pariaman 2024 ini, terus menjadi magnet wisata di Sumatera Barat, dan khususnya di Kota Pariaman, serta terus menjaga dan merawat budaya khas yang hanya ada di Pariaman, ulasnya. “Dengan puncak Tabuik yang kita laksanakan hari ini, membuktikan bahwa Anak Nagari Pariaman, mampu melaksanakan event yang telah menjadi event nasional, dan kita akan berupaya untuk menjadikan event Tabuik ini menjadi mendunia,” tutupnya.

Sementera itu Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf RI, Oni Yulfian mengatakan bahwa Tabuik Pariaman ini, telah menjadi salahsatu event yang masuk dalam 110 event unggulan KEN 2024 yang tersebar di 38 Provinsi di indonesia.

“Apalagi setelah mendengar bahwa ketua Pelaksana Tabuik ini merupakan Anak Nagari, dan dikelola secara kolaborasi dengan instansi dan stakeholder terkait, sehingga berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dalam rangkaian Pesona Budaya Hoyak Tabuik Pariaman 2024,” tukasnya.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar ini juga mengucapkan terimakasih kepada Pemko Pariaman atas sinergi yang telah dilakukan selama ini, sehingga event-event yang dilaksanakan, dapat di support oleh Kemenparekraf RI. “Kita di Kemenparekraf menargetkan tingkat kunjungan wisata­wan nusantara sebesar 1,2 sampai 1,5 Milyar kunjungan, dan 9,5 sampai 14,3 Juta wisa­ta­wan mancanegara, dan event Tabuik Pariaman ini, telah sukses mendatang puluhan sampai ratusan ribu pengunjung,” ucapnya mengakhiri. (efa)

Exit mobile version