Pemuda Harus Bersatu, Pj Walikota Roberia Sebut KNPI Organisasi yang Sah

PARIAMAN, METRO—Pj Wali Kota Paiaman Roberia, kemarin, menghadiri konsolidasi dan temu ramah Organisasi Kema­syarakatan Pemuda (OKP) dan Alumni Dewan Pengurus Daerah Komite Nasio­nal Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Pariaman dari masa ke masa.

Pj Wali Kota Pariaman Roberia menyatakan konsolidasi yang mengambil tema duduak surang ba­sampik-sampik, duduak basamo balapang-lapang. Kamudiak sahantak galah, kahilia sarangkuah da­yu­ang, untuk menyatukan barisan dan pernyataan sikap DPD KNPI Kota Pa­riaman.

“Sebuah organisasi dianggap sah, kalau sudah terdaftar di Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Hukum dan HAM, dan organisasi KNPI yang telah terdaftar adalah KNPI kepemimpinan Tio Jatmiko saat ini, yang telah mempunyai rekam jejak yang jelas,” ujar Roberia, kemarin.

Dia juga mengatakan bahwa pemuda hendaknya dapat menjadi contoh dan memberikan yang terbaik untuk Kota Pariaman, dan kalau perlu mengawal jalan­nya pemerintahan ke arah yang lebih baik, bukan sebaliknya.

“Di tangan pemuda ini­lah Kota Pariaman akan menjadi yang calon ge­nerasi emas untuk pe­mim­pin kedepannya, jadi berikanlah contoh dan tauladan untuk rekan-rekan, jangan sebaliknya, dengan me­ngatasnamakan KNPI, te­tapi mengajak anak-anak yang belum cukup umur untuk demo, yang dibalut kepentingan politik,” ujar­nya.

Roberia juga menyebutkan bahwa demo yang mengatas namakan KNPI kemarin, merupakan hal yang dapat merusak kemajuan Kota Pariaman, karena tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, apalagi mencatut nama KNPI yang sah.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pariaman, Har­pen Agus Bulyandi mengatakan, pemuda harus bersatu, selalu bergandengan tangan dan jangan mau ditunggangi dengan ber­ba­gai kepentingan politik. “Kami berharap agar Pemuda Kota Pariaman da­pat melaksanakan aksi nyata ditengah masyarakat, dengan adanya demo yang mengatasnamakan KNPI Kota Pariaman, kami juga tidak menutup mata bahwa hal ini dapat merusak persatuan pemuda di Kota Pariaman,” ungkapnya.

Karena itu, dirinya juga mengingatkan pengurus KNPI yang sah saat ini, dapat membuat kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, dan dirinya siap untuk mem­fasilitasi kegiatan pemuda tersebut dengan po­kir dirinya, yang disambut tepuk tangan semua yang hadir.

Sedangkan Ketua DPD KNPI Provinsi Sumatera Barat, Nanda Satria me­nyebutkan bahwa dengan adanya sekelompok orang yang mengatasnamakan KNPI Kota Pariaman, diri­nya blak-blakan bahwa hen­daknya mereka mempunyai ranji yang jelas.

“KNPI Kota Pariaman mempunyai ranji yang je­las, dari Musda pertama sampai ke enam, dan mempunyai pengurus yang terdaftar di Kesbangpol, Kemendagri dan Kemenkum HAM, jadi apabila ada yang mengaku-ngaku KNPI, kami pastikan bukan KNPI yang sah,” ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh pajabat Pemko Pariaman, sesepuh dan mantan pengurus KNPI Kota Pariaman dari masa ke masa, seperti Elvis Candra (Asisten II Pemko Pa­riaman), Riky Falantino (Ketua periode 2012-2015), Febrian Mirdani (Ketua periode 2018-2022), Tio Jatmiko (Plt Ketua periode 2022-2025), David Marwandi (Ketua KNPI Kabupaten Padangpariaman saat ini), Ketua OKP serta pengurus KNPI dari masa ke masa. (efa)

Exit mobile version