Jembatan Batang Sani Ambruk

PENINJAUAN— Bupati Suhatri Bur usai melaksanakan Safari Ramadan Khusus di Surau Tunggua Hitam Nagari Limpato Sungai Sariak, didampingi Kadis PUPR Padangpariaman yang juga Plt Kalaksa BPBD Padangpariaman El Abdes Arsyam, meninjau kondisi jembatan Batang Sani yang ambruk, Rabu (3/4) malam.

PDG. PARIAMAN, METRO–Hujan lebat disertai kilatan petir mengakibatkan meluapnya sejumlah aliran singai di daerah Pa­dangpariaman. Salah sa­tunya mengakibatkan meluapnya aliran Batang sani yang menyebabkan kerusakan serius pada bagian tiang pondasi tengah jembatan yang ada di kawasan itu. Peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba pada hari Selasa kemarin malam itu bahkan mengakibatkan ambruknya badan jembatan sepanjang 24 meter yang terletak di Kanagrian Tandikek Kecamatan Patamuan tersebut.

Di pihak lain, begitu mengetahui kejadian ter­sebut, Bupati Suhatri Bur usai melaksanakan Safari Ramadan Khusus di Surau Tunggua Hitam Nagari Limpato Sungai Sariak, di dampingi kadis PUPR Pa­dangpariaman yang juga Plt Kalaksa BPBD Padangpariaman El Abdes Arsyam langsung turun me­ninjau  kondisi jembatan Batang sani yang ambruk tersebut.  Pada kesempatan itu, Bupati Suhatri Bur juga turut didampingi oleh Kabag Prokopim Anton Wira Tanjung, Camat Patamuan, Walinagari Tan­dikek, Babinsa dan Ba­binkamtibmas.

Sebagai tindakan pen­cegahan terjadinya korban jiwa Babinsa dan ba­bin­kam­tibmas Nagari setempat telah memasang portal penutup jalan agar tidak bisa dilewati oleh pengendara.

“Saat ini kondisi bagian tengah jembatan Batang Sani mengalami sempat turun  sekitar 1 meter. Makanya, untuk sementara waktu jembatan tersebut tidak dapat dilalui oleh kendaraan rida empat maupun kendaraan roda dua,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.

Lebih jauh Bupati Suhatri Bur juga langsung mengintruksikan jajaran Dinas PUPR Padangpariaman agar sesegeranya lakukan langkah-langkah yang di­perlukan, agar jembatan tersebut juga bisa diperbaiki secepatnya. Termasuk secepattnya mengkoordinasikannya dengan pihak terkait, baik di tingkat pro­vinsi maupun jajaran BNPB Pusat. “Harapan kita  perbaikan jembatan Batang sani ini bisa dilakukan secepatnya, karena ini me­nyangkut kebutuhan hajat orang banyak,” tegasnya.

Bupati juga menegaskan perlunya mengambil langkah-langkah serta  solusi terbaik, sehingga nan­tinya kondisi  ini bisa secepatnya diperbaiki sekaligus bisa kembali dilalui oleh masyarakat.

Di pihak lain, Kepala Dinas PUPR Abdes menegaskan jika pihaknya saat ini tengah menunggu langkah-langkah penting yang akan dilakukan  oleh pihak BNPB pusat maupun pihak BWS V Provinsi sumbar.

Menurutnya, beberapa saat setelah kejadian pihaknya telah menghubu­ngi BWS V Provinsi Sumbar melalui media Whatshap.

“Barulah setelah ada­nya langkah-langkah pe­nanganan yang dilakukan pihak terkait, pihaknya dari jajaran  pemerintah dae­rah Kabupaten Padangpariaman akan dapat menentukan langkah berikutnya,” tegasnya.(efa)

Exit mobile version