Sudah Lama Tidak Digunakan, Pujasera Pantai Gandoriah Segera Dioperasionalkan

Alyendra

PARIAMAN, METRO–Pujasera di kawasan Pantai Gandoriah Kota Pariaman dibangun pada masa pemerintahan Walikota Pariaman Mukhlis R belum beoperasional. Puja sera tersebut sebelumnya adalah aset Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman.

Namun tahun 2024 ini bangunan tersebut Pemko Pariaman menyerahkan untuk dikelola oleh kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman. Apa­lagi perdanya telah ada, jadi aset yang berada di kawasan Pantai Gandoriah tersebut segera dioperasikan.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman Alyendra mengakui puja sera tersebut, bakal diaktifkan kembali tahun 2024 mendatang. “Sekarang kita melakukan perbaikan sedikit bangunan tersebut untuk segera dioperasionalkan,” ungkapnya, kemarin.

Katanya, bangunan ini dapat mempercantik kawasan wisata dan pe­ning­katan ekonomi pelaku usaha di daerah tersebut. Sehingga tingkat kujungan wisatawan juga semakin meningkat. “Kita berharap dukungan semua pihak untuk oprasionalnya yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Katanya, pujasera itu sudah lama tidak digu­nakan, sama seperti pasar terminal Jati. Rencananya (Pujasera) akan digunakan untuk pedagang di objek wisata Pantai Gandoriah. Pasalnya, sebelumnya ini merupakan aset Dinas Pa­ri­wisata dan Kebudayaan Pariaman yang sudah lama tak digunakan.

Jadi katanya, dengan lahirnya Peraturan Daerah (Perda) tentang Perpajakan dan Retribusi menjadi titik awal untuk Pujasera kembali bisa dikelola oleh Disperindagkop dan UKM. Disperindagkop dan UKM memiliki kekuatan untuk mengelola sarana dan pra­sarana untuk mening­katkan perekonomian.

“Sarana dan prasarana tersebut nantinya akan kita gunakan oleh pedagang yang berjualan di sekitar objek wisata. Pujasera ter­sebut berada di kawasan objek wisata Gandoriah berbatasan dengan Stasiun Kereta Api Pariaman dengan kondisi hiasan dan lantai keramik sudah ada yang mulai rusak,” ujar­nya. Makanya, lanjut Alyendra, dengan kondisi tersebut maka Pujasera ini segera dioperasional untuk memajukan objek wisata Pantai Gandoriah. “Karena lokasinya berdekatan dengan Pentas Seni Gandoriah yang sering dijadikan pe­laksanaan kegiatan besar besaran,” tambahnya .(efa)

Exit mobile version