Deteksi Dini Penting, Waspada Kanker Serviks

Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius Umar menjadi narasumber sosialisasi kanker serviks dan gebyar inspeksi visual asam asetat (IVA) test yang digelar oleh UPT. Puskesmas Pariaman, Desa Pauh Barat, Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman, kemarin.

PARIAMAN, METRO–Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius Umar menjadi narasumber sosialisasi kanker ser­viks dan gebyar inspeksi visual asam asetat (IVA) test yang digelar oleh UPT. Puskesmas Pariaman, Desa Pauh Barat, Kecamatan Paria­man Tengah Kota Pariaman, kema­rin. Lucy menyampaikan, semakin hari pe­meriksaan IVA test ini se­makin tidak teracuhkan, maka tiap daerah di kabupaten dan kota se-Sumatera Barat termasuk Kota Pariaman gen­car mengadakan ge­byar IVA test ini.

“Tes IVA merupakan salah satu cara untuk deteksi dini penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim. Tes IVA diketahui tidak sakit dan dinilai efektif mendeteksi kanker serviks,” ujar Lucy.

“Kanker serviks adalah satu dari sekian banyak jenis kanker yang kerap menyerang wanita. Dengan melakukan deteksi sejak dini, pe­luang kesembuhan kanker serviks dapat meningkat,” ujarnya.

Ketua TP-PKK Kota Pariaman yang juga seorang dokter ini me­nuturkan, bahwa anjuran untuk IVA test ini dilakukan minimal 6 bulan sekali.  “Kita kaum wanita harus dan wajib memeriksa IVA ini, karena kanker serviks ini merupakan pe­nyebab kematian yang cukup tinggi bagi kaum wanita setelah kanker payudara,” ujarnya.

“Kanker serviks atau kanker leher rahim menempati urutan ke­dua dalam deretan kanker yang pa­ling banyak terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, pemeriksaan IVA sangat penting dilakukan ,” tegasnya.

Lucy menghimbau kepada wa­nita di Kota Pariaman yang berusia subur, produktif dan sudah menikah untuk melakukan IVA test ini, jangan takut karena pemeriksaan ini tidak sakit dan hanya sebentar. “Deteksi dini kanker serviks lewat peme­riksaan IVA  dianggap dapat me­nyelamatkan banyak wanita karena relatif mudah dilakukan dan hasilnya cepat,” tutup Lucy. Turut hadir, Kepala UPT. Puskesmas Pariaman, dr. Ramadhani, Dinas Kesehatan, dan Kader PKK se-Kecamatan Pa­riaman Tengah. (efa)

Exit mobile version