Pembukaan Jalan Baru Tingkatkan  Ekonomi Masyarakat di Kota Pariaman

PAPARKAN—Wali Kota Pariaman Genius Umar paparkan secara ringkas soal jalan lingkar dari Desa Padang Biriak-Biriak sampai Desa Sungai Rambai Kecamatan Pariaman Utara.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan pembukaan jalan baru ling­kar timur akan meningkatkan perekonomian masya­rakat. “Jalan lingkar timur tersebut dimulai dari Desa Padang Biriak-Biriak sampai Desa Sungai Rambai Kecamatan Pariaman U­tara dan keluarnya di Desa Pungguang Ladiang Kecamatan Pariaman Selatan. Setelah kawasan ini di buka tentunya kawasan tersebut akan lebih cepat maju,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin.

Katanya, Musyawarah Perencanaan Pembangu­nan (Musrenbang) Kecamatan Pariaman Utara di Aula Kantor Camat Kecamatan Pariaman Utara.

Wako Genius Umar ju­ga mengungkapkan bahwa tahun ini kita telah membuka 10 badan jalan non bageter atau non anggaran. Baru ini, Pemko Pariaman telah membuka kawasan terpadu yakni membuka jalan lingkar utara mulai dari sepanjang pantai Desa Manggung sampai pantai Desa Padang Biriak Biriak.

“Kawasan pantai di u­tara yang biasanya tempat kandang ternak yang tidak indah di pandang mata kita merubah menghadap ke pantai itulah yg disebut waterfrontcity atau kota yg menghadap ke air. Dengan demikian, ketika jalan ini selesai, kita bisa merubah di belakang tersebut menjadi kedai sehingga menjadi sumber ekonomi bagi mereka,” ungkapnya.

Nanti, Genius juga minta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan desa a­kan merencanakan dimana titik-titik yang akan dijadikan  spot atau kawasan wisata.

Untuk jalan yang di De­sa Manggung sampai Desa Padang Biriak-Biriak, pada anggaran perubahan kita lakukan pengerasan tetapi kita akan mendaftarkan ke pemerintah pusat tahun ini agar tahun besok mendapatkan bantuan untuk me­lakukan pengaspalan. Kalau dilakukan pengaspalan tentunya ekonomi masya­rakat akan cepat tumbuh dan berkembang.

Genius juga berharap kepada semua kepala desa agar jalan lingkar timur atau jalan yang sudah ada ini dilebarkan.

Dimulai katanya, dari desa untuk bermusya­wa­rah dengan masyarakat pemilik lahan agar memberikan lahannya sehingga jalan lingkar ini bisa tembus ke Desa Pungguang Ladiang, Kecamatan Pariaman Selatan yang membuat pembangunan Kota Pariaman ini merata.

“Mudah-mudahan de­ngan bersama-sama membangun kota ini baik dari Pemko Pariaman, kecamatan, desa, masyarakat, alim ulama dan pemuda saling bahu membahu untuk mem­bangun Kota Pariaman nantinya akan lebih cepat maju,” tandasnya mengakhiri. (efa)

Exit mobile version