Pilkades, Satu Calon Perempuan Maju

KETERANGAN—Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Pariaman, Hendri saat berikan keterangan kepada wartawan.

PARIAMAN, METRO–Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Pariaman, Hendri mengatakan ada satu calon kepala desa yang bergender perempuan, yang akan maju da­lam Pemilihan Kepala De­sa (Pilkades) serentak ta­hun 2022.

Perhelatan serentak itu akan digelar pada tanggal 12 Februari 2022, di tiga kecamatan yang ada di Kota Pariaman. Tiga kecamatan tersebut adalah Kecamatan Pariaman Utara, Kecamatan Pariaman Timur, dan Kecamatan Pariaman Selatan.

“Untuk Pilkades serentak tahun 2022 ini, ada sebanyak 68 orang calon kepala desa dari 18 desa di 3 kecamatan yang ada di Kota Pariaman, yang akan bertarung pada bulan Februari mendatang, dan sa­lah satunya adalah perempuan,” ungkap Hendri, kemarin.

Dengan tampilnya satu orang perempuan dalam Pilkades serentak ini jelasnya, menunjukan bahwa emansipasi atau keterlibatan perempuan dalam pem­­bangunan di Kota Pa­riaman sudah semakin meningkat, dan kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan tersebut su­dah diakui.

Hendri menjelaskan, calon Kades Perempuan ini berhak untuk bertarung dalam pilkades serentak di bulan Februari nanti, karena salah satu syarat  untuk menjadi calon kepala desa tersebut adalah warga ne­gara Indonesia asli, tidak peduli perempuan atau laki-laki.

“Mereka berhak men­dapatkan perlakuan yang sama dalam pemerintahan, apalagi mereka mampu dan dipercayai oleh ma­sya­rakat dalam memimpin desa mereka,” tegasnya

Hendri berharap Pil­kades serentak yang akan di gelar pada tanggal 12 Februari 2022 bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Si­apapun Kepala Desa yang terpilih nantinya di desa mereka masing-ma­sing, mereka adalah pimpinan yang dipercaya oleh masyarakat, untuk memajukan desa mereka dan juga bisa bersinergi de­ngan pemerintah kota pa­­riaman dalam memba­ngun Kota Pariaman untuk lebih maju kedepannya. (efa)

Exit mobile version