Peringatan HAB Kemenag ke-76, Lakukan Perubahan Pelayanan Masyarakat di Padangpariaman

HADIRI—Bupati Padangpariaman Suhatri Bursaat menghadiri Tasyakuran Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke 76 Tahun.

PDG.PARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, hadiri Tasyakuran Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke 76 tahun 2022. Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengatakan atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupa­ten Padangpariaman, me­ngucapkan selamat Hari Amal Bhakti Kementrian Agama ke 76 kepada seluruh jajaran Kantor Kementrian Agama Kabupaten Padangpariaman. Serta beliau berharap, semoga Kementrian Agama tetap menginspirasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Sehingga, transformasi layanan umat yang menjadi tema HAB tahun ini akan cepat terlaksana dan mudah dilakukan. Transformasi yang dimaksud meliputi  perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada ma­syarakat serta  peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur  yang mempercepat dan mempermudah kinerja  Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan kepada Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupa­ten Padangpariaman tentang surat hibah tanah dan gedung bangunan bekas UPTD PU wilayah III Sicincin telah mendapat persetujuan dari DPRD Kabupaten Padangpariaman. Tanah yang berlokasi di Kecamatan 2×11 Enam Ling­kung tersebut, akan digunakan untuk pengembangan area perkantoran Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kabupa­ten Padangpariaman.  “Semoga, aset ini bermanfaat untuk kepentingan umat dan dapat segera dilaksanakan pembangunannya. Karena, apabila dalam waktu 3 tahun tidak digunakan atau dibangun, maka aset tersebut akan kembali menjadi milik Pemerintah Kabupaten Pa­dangpariaman,” ujar Suhatri Bur.

Bupati juga mengucapkan selamat kepada Kepala Kantor Urusan Agama, yang telah berhasil menggerakkan tim kerjanya. Sehingga berhasil meraih penghargaan untuk tiga kategori Pelayanan, dari empat kategori yang ada. Yakni kategori Pelayanan Sangat Baik, Baik dan Cukup. Sementara untuk kategori pelayanan prima, belum ada satupun KUA da­pat mencapainya. Karena, KUA belum dapat meme­nuhi persyaratan dan kriteria yang ditentukan untuk itu.

Dikatakan Bupati, untuk kategori Pelayanan Sangat Baik berhasil diraih oleh 3 KUA, yaitu KUA Kecamatan Anam Lingkuang, KUA Kecamatan  2×11 Enam Lingkung dan KUA Kecamatan Padang Sago. Sedangkan untuk kategori Pelayanan Baik diraih oleh 5 KUA dan Kategori pela­yanan Cukup diperoleh 9 KUA. “Bagi KUA dengan Kategori Pelayanan Baik dan Cukup, diharapkan untuk terus meningkatkan pelayanan yang memba­hagiakan masyarakat ini. Sehingga, kita dapat melayani semua proses pernikahan secara terintegrasi di wilayah kerja masing-masing,” tutupnya.

Senada dengan itu, Kepala Kantor Kemenag Syafrizal mengatakan bahwa saat ini Kementrian Agama sedang melakukan transformasi dalam berbagai bidang. Termasuk program kerukunan umat beragama dan moderasi beragama.  “Alhamdulillah di Ka­bu­paten Padangpariaman kerukunan umat beragama sudah berjalan dengan baik, dengan telah terbentuknya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB),” jelasnya.

Dia mengharapkan, Bupati Padangpariaman da­pat memfasilitasi anggota FKUB yang akan melakukan studi tiru ke Provinsi Sumatera Utara. Dikatakan bahwa kegiatan itu, merupakan kunjungan ba­lasan dari kunjungan mereka beberapa waktu lalu ke Kabupaten Padang­paria­man. (efa)

Exit mobile version