Dukcapil Padan­g­pariaman Siapkan Penilaian Pembangunan Zona Integritas

PDG.PARIAMAN, METRO–Kepala Dinas Kepen­dudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padan­g­pariaman Muhammad Fa­dhly menyatakan dinas bersiap penilaian Pem­bangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Un­tuk mencapai tujuan ter­sebut, Disdukcapil telah melakukan pembenahan dan perbaikan dokumen yang didampingi oleh Tim Inspektorat Padang­paria­man. “Kita bertekad raih ZI WBK dan WBBM tahun ini. Persiapan sudah kita ma­tangkan bersama tim Ins­pektorat dan dokumen te­lah kita upload sesuai ara­han Kemenpan RB,” ujar­nya, kemarin.

Disdukcapil, kata Fadh­ly, merupakan satu-satu­nya disdukcapil di Su­ma­tera Barat yang meraih peng­hargaan pelayanan prima dari Kementerian PAN dan RB dalam dua tahun berturut-turut yaitu 2019 dan 2020. “Baru-baru ini, kita juga memperoleh penghargaan dari Ke­men­dagri sebagai salah sat­u Disdukcapil terbaik di Indonesia dan Alhamdulillah kita mendapat satu unit mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM),” ujarnya.

Inspektur Kabupaten Padangpariaman Hendra Aswara menyampaikan apresiasi atas kemajuan Dukcapil Ceria baik dari segi pengembangan program inovasi, maupun ma­na­jemen kantor dengan design infrastruktur kantor yang eye-catching dan comfortable.

Hendra mengatakan Dis­dukcapil telah meme­nuhi enam area perubahan Zona Integritas WBK dan WBBM. Enam area peru­bahan itu adalah mana­jemen perubahan, pena­taan tatalaksana, penataan manajemen SDM, pengua­tan akuntabilitas kiinerja, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan public. “Sesuai arahan Bapak Bupati, kita optimis Disdukcapil raih Zona Integritas WBK dan WBBM tahun ini dari Ke­men­pan dan RB. Semoga Allah SWT meridhoi. Aa­miin,” ujar Hendra.

Inspektorat, tambah Hen­dra, telah menurunkan tim pendampingan selama penilaian Zona Integritas WBK dan WBBM sejak Juni hingga September men­datang.

Diketahui bahwa Zona Integritas (ZI) merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada Kemen­terian/Lembaga dan Pem­da yang pimpinan dan jaja­rannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewu­judkan WBK dan WBBM melalui upaya pence­ga­han korupsi, reformasi biro­krasi dan peningkatan kua­litas pelayanan pu­blik.(efa)

Exit mobile version