Pelabuhan Panasahan mulai Disinggahi Kapal Tongkang

Pelabuhan Panasahan mulai Disinggahi Kapal Tongkang

PESSEL, METRO
Ada pemandangan lain di kawasan Pelabuhan Carocok Painan dari hari – hari biasanya.Pantuan di lapangan dalam beberapa hari ini kapal Tongkang biasa nya untuk mengangkut batu bara ataupun material sudah mulai bersandar di Panasahan Carocok Painan.

Tongkang ini terlihat sedang menurunkan jangkarnya di kawasan Pelabuhan Panasahan Carocok Painan.

Selain keberadaan tongkang besar tersebut, terlihat juga beberapa unit alat berat penggeruk tanah berada di Dermaga Pelabuhan Panasahan Painan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Menurut Yan (35) salah seorang nelayan setempat pada POSMETRO, jika tongkang sudah ada di lokasi pelabuhan Panasahan Cacorok Painan dua hari ini. “Tidak tahu apa yang mau diangkut ke atas tongkang. Yang jelas tongkang ini sudah ada,” ungkap Yan.

Sementara itu pada masa Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, pada tahun 2019 Pemkab Pessel akan melanjutkan pengembangan pelabuhan Panasahan Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

Bahkan untuk mempercepat pengembangan Pelabuhan Panasahan, Kementerian Perhubungan menganggarkan Rp.39 Miliar. Dan, Pemkab Pessel kalah itu akan menyiapkan tanah seluas 12 hektare di sekitar pelabuhan panasahan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan Gunawan ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa untuk kewenangan penuh keberadaan tongkang dibawah kendali Sabandar Pelabuhan Panasahan Painan.

Ditegaskan, Gunawan jika memang akan ada aktifitas nantinya tetap Pemkab Pessel akan dikenakan pajak dari aktifitas tersebut. Contohnya material tanah ataupun yang lainya.

“Kita dari Pemkab Pessel telah turub ke lokasi. Namun secara kewenangan nya menjadi kewenangan dari pihak Sabandar pelabuhan. Kita hanya memastikan kontribusi ke Pemkab Pessel dari aktifitas tersebut,” tekuk Kadis Perhuhungan Pessel. (rio)

Exit mobile version