Gardu Induk Sungai Rumbai Diresmikan, Dharmasraya Siap Terima Investasi

PADANG, METRO – Manajemen PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat meresmikan jaringan listrik tegangan menengah 20 kV di Gardu Induk (GI) Sungai Rumbai. Ini menunjukkan Kabupaten Dharmasraya semakin siap untuk menerima investasi karena ketersediaan listrik sangat tersedia.

Manajemen PT PLN UIW Sumbar bersama Bupati Dharmasraya melakukan kunjungan ke Gardu Induk dengan daya 1×30 MVA, Senin (9/12). Gardu induk ini g telah beroperasi atau Comercial Operation Date (COD) per September 2019 dan menyuplai listrik untuk wilayah Kabupaten Dharmasraya dan sekitarnya.

General Manager PLN UIW Sumbar, Bambang Dwiyanto menyampaikan, kegiatan tersebut salah satu solusi PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di Kabupaten Dharmasraya dan sekitarnya. Sebelumnya, masyarakat Dharmasraya kerap mengeluhkan kendala dalam hal keandalan listrik karena pasokan masih disuplai dari GI Kiliranjao dan GI Muara Bungo yang notabene tidak dekat.

“Saya harap GI Sungai Rumbai ini dapat menjawab keluhan masyarakat dalam memperoleh aliran listrik yang handal setiap harinya dan juga dapat mendorong kegiatan perekonomian di Kabupaten Dharmasraya,” ungkapnya.

Bambang menambahkan, dengan pasokan listrik yang cukup dan andal, tentu dapat membuat investor semakin yakin untuk menanamkan usahanya di Dharmasraya yang memiliki berbagai potensi ekonomi dapat dikembangkan.

“PLN ingin menyampaikan terima kasih pada Pemkab Dharmasraya dan segenap masyarakat sekitar GI atas dukungan terhadap pembangunan GI Sungai Rumbai, sehingga mempercepat proses pembangunan yang memakan waktu hanya kurang lebih satu tahun,” ujarnya

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengucapkan terima kasihnya mewakili segenap Pemkab Dharmasraya kepada PLN Sumbar yang cepat tanggap dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Dharmasraya. Sebelumnya masyarakat terkendala tegangan yang kurang stabil sehingga beresiko merusak peralatan elektronik yang dimiliki.

“Saat ini, Kabupaten Dharmasraya sudah 100 persen dialiri listrik PLN yang dapat dinikmati seluruh masyarakat kita. Kami berterima kasih dengan adanya GI ini kualitas listrik kita semakin baik,” katanya.

Sutan Riska menjelaskan, dengan adanya GI Sungai Rumbai tersebut, membuktikan dimulainya era baru kemajuan Kabupaten Dharmasraya yang siap menampung investasi.
“Sebelumnya kami memiliki kendala keterbatasan ketersediaan kualitas listrik, sehingga membuat investor berpikir ulang untuk berinvestasi di daerah ini. Namun untuk selanjutnya kita akan meyakinkan mereka kembali agar tidak ragu berinvestasi karena sudah adanya keterjaminan pasokan listrik,” tukasnya.

Di hari yang sama, Yayasan Baitul Mal PLN juga memberikan bantuan sembako pada masyarakat sekitar GI Sungai Rumbai. Bantuan itu merupakan bentuk kepedulian PLN pada masyarakat sekitar dalam hal penyaluran zakat. “YBM PLN pada acara ini memberikan bantuan dalam bentuk sembako berjumlah 30 paket untuk masyarakat sekitar yang berhak. Semoga bantuan ini dapat berguna bagi penerima bantuan,” tandasnya. (ade)

Exit mobile version