Ciptakan Kompetensi ASN dalam Bertugas 

KEPALA Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar Jefrinal Arifin, menutup pelatihan pengembangan keterampilan kepemimpinan bagi pejabat administrator di lingkungan Pemprov Sumbar, di aula BPSDM, Jalan Padang Besi, Lubukkilangan, Sabtu (19/10). Acara pelatihan tersebut berjalan dengan sukses dan lancar.

Kepala BPSDM Sumbar Jefrinal Arifin menjelaskan, kepemimpinan ini sudah menjadi kebutuhan dalam suatu pemerintahan ketika aparaturnya mengembangkan kreatifitas dengan gagasan yang cemerlang. Perlu dipahami bersama bahwa melalui Pelatihan ini lah Pemerintah ingin menciptakan kompetensi Aparatur Sipil Negara dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara benar.
”Pembelajaran melalui penyelenggaraan pelatihan pengembangan leterampilan kepemimpinan ini mempunyai urgensi strategis dalam misi pelayanan tugas pemerintahan, yang sekaligus juga membantu pengembangan karier peserta. Namun, yang perlu disadari substansi pelatihan untuk meningkatkan kesadaran kita untuk dapat memproyeksikan diri dalam mengembangkan sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan bagi pelaksanaan pembangunan daerah secara menyeluruh sekaligus peningkatan pelayanan publik seiring perkembangan dinamika masyarakat kita saat ini,” ujarnya.

Berdasarkan PP No 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil Pasal 203 ayat 3 dan ayat 4 bahwa setiap PNS memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk diikutsertakan dalam pengembangan kompetensi dengan memperhatikan hasil penilaian kinerja dan penilaian kompetensi PNS yang bersangkutan, Pengembangan kompetensi  dilakukan  bagi setiap PNS paling sedikit 20 jam pelajaran dalam satu tahun.

“Untuk itu diharapkan kepada peserta diklat agar tetap mengikuti pendidikan dan pelatihan lainnya dalam rangka mengembangkan kompetensinya. Dengan penutupan pelatihan ini saya juga terimakasih kepada Dekan Fakultas Psikologi dengan Tim Pengajar yang telah bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Sumatera Barat  pada Penyelenggaraan Pelatihan Pengembangan Keterampilan Kepemimpinan ini berjalan aman dan lancar,” ungkapnya.

Khairanti Khairanis Koordinator Pelatihan BPSDM Provinsi Sumbar menjelaskan juga, pelatihan dilaksanakan dari tanggal 14 Maret sampai dengan 19 Oktober. Peserta pelatihan adalah Pejabat Adminisrator di lingkungan Pemprov. (r)

Exit mobile version