[ADINSERTER AMP]

Daihatsu Peduli Customer, Hadirkan Sejumlah Paket Program Ramadhan, Ada Undian Umrah

PERHATIAN DAIHATSU DI RAMADHAN— Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono (kiri) memaparkan program Ramadhan kepada salah satu konsumen di Bengkel Daihatsu di Sunter, Jakarta Utara, Rabu (12/3) sore.

JAKARTA, METRO–Kondisi ekonomi Indonesia tahun 2025 diprediksi akan menghadapi se­jumlah tantangan, terutama dari pasar global. Bank Indonesia (BI) mem­prediksi pertumbuhan ekonomi Indo­ne­sia di 2025 akan bergerak di kirasan 4,7% sampai 5,5%. Itu terjadi karena ekonomi global melemah sehingga permintaan ekspor dari negara-negara mitra turun.

Di tengah ekonomi yang penuh tantangan itu, Daihatsu menunjukkan kepeduliannya pada konsumen dengan memberikan sejumlah program di saat Ramadhan.

Marketing and Custo­mer Relations Division Head­ PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono di Jakarta, Rabu (12/3) mengatakan, di bulan Rama­dhan 2025 ini Daihatsu me­nyediakan program yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen, yakni paket kredit spesial, gratis biaya administrasi kredit, paket spesial tukar tambah, hadiah langsung, free konsultasi dokter via Halodoc dan undian berhadiah paket umrah untuk sembilan pemenang.

Program ini dapat dinikmati semua konsumen yang melakukan transaksi pembelian unit di periode 1 Februari sampai 30 April 2025. Terkait dengan penjualan mobil Daihatsu, Tri Mulyono mengatakan pihaknya optimistis dapat membukukan penjualan yang positif. Dikatakan, Daihatsu mempunyai target mempertahankan posisi nomor dua dalam pangsa pasar mobil di tahun 2025.

Pencapaian posisi nomor dua di retail sales sudah berhasil dipertahankan Daihatsu selama 16 tahun berturut-turut. “Ka­mi akan konsisten untuk mengoptimalkan penjualan unit agar dapat bertahan di posisi nomor dua di setiap bulan,” tandasnya.

Hal itu dibuktikan penjualan ritel unit Daihatsu dua bulan pertama tahun 2025 mencapai 23.805 unit. Penjualan unit di bulan Februari 2025 mengalami kenaikan 11% dibanding Januari 2025. “Dengan line-up produk yang sesuai dengan kebutuhan masya­ra­kat, strategi harga dan program penjualan yang menarik maka kami mengharapkan Daihatsu mencapai target penjualan di tahun 2025,” tegas Tri Mulyono.

Optimisme tersebut didasarkan pada penjualan otomotif di Indonesia yang menunjukkan tren positif dalam dua bulan pertama di tahun 2025. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada 10 Maret 2025 menunjukkan, penjualan whole sale (dari pabrik ke dealer) mobil nasional me­ningkat 2,2% secara ta­hu­nan (year on year/yoy) menjadi 72.295 unit dibandingkan Februari 2024 sebanyak 70.772 unit.

Di sisi lain, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan ke konsumen yang ingin melakukan perjalanan mudik di Ramadan kali ini, Daihatsu menawarkan sejumlah program pe­ra­watan kendaraan. Deputy Head – After Sales Service and Logistic Division Astra Daihatsu, Yanuar Krisna menjelaskan, ada dua program yang dita­war­kan untuk konsumen yakni Paket Berhemat (ber­kala super hemat) dan Paket Sidik (siap mudik).

Yanuar menuturkan, program ini sebagai bentuk komitmen Daihatsu pada konsumen yang akan mu­dik Lebaran dengan perawatan kendaraan di beng­kel resmi Daihatsu.

Dijelaskan, di awal bulan Ramadhan ini rata-rata kunjungan harian di seluruh bengkel Daihatsu naik dari 3.332 mobil menjadi 3.700 mobil. Kendati de­mikian, Yanuar mempre­diksi kenaikan kunjungan konsumen secara signifikan baru terjadi pada H-14 sebelum Lebaran dengan kenaikan diperkirakan se­be­sar 10%.

Data Gaikindo, penjualan whole sale (dari pabrik ke dealer) mobil Daihatsu pada tahun 2024 tercatat sebanyak 163.032 atau se­besar 18,8% dari pangsa pasar nasional. Untuk penjualan retail (dari dealer ke konsumen) mobil Daihatsu pada tahun 2024 tercatat sebanyak 168.263 unit atau sebesar 18,9% pangsa pa­sar penjualan mobil nasional. Hal ini  menempatkan Daihatsu berada di peringkat kedua penjualan mobil retail. (rel/fan)

[ADINSERTER AMP]
Exit mobile version