Optimisme tersebut didasarkan pada penjualan otomotif di Indonesia yang menunjukkan tren positif dalam dua bulan pertama di tahun 2025. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada 10 Maret 2025 menunjukkan, penjualan whole sale (dari pabrik ke dealer) mobil nasional meningkat 2,2% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 72.295 unit dibandingkan Februari 2024 sebanyak 70.772 unit.
Di sisi lain, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan ke konsumen yang ingin melakukan perjalanan mudik di Ramadan kali ini, Daihatsu menawarkan sejumlah program perawatan kendaraan. Deputy Head – After Sales Service and Logistic Division Astra Daihatsu, Yanuar Krisna menjelaskan, ada dua program yang ditawarkan untuk konsumen yakni Paket Berhemat (berkala super hemat) dan Paket Sidik (siap mudik).
Yanuar menuturkan, program ini sebagai bentuk komitmen Daihatsu pada konsumen yang akan mudik Lebaran dengan perawatan kendaraan di bengkel resmi Daihatsu.
Dijelaskan, di awal bulan Ramadhan ini rata-rata kunjungan harian di seluruh bengkel Daihatsu naik dari 3.332 mobil menjadi 3.700 mobil. Kendati demikian, Yanuar memprediksi kenaikan kunjungan konsumen secara signifikan baru terjadi pada H-14 sebelum Lebaran dengan kenaikan diperkirakan sebesar 10%.
Data Gaikindo, penjualan whole sale (dari pabrik ke dealer) mobil Daihatsu pada tahun 2024 tercatat sebanyak 163.032 atau sebesar 18,8% dari pangsa pasar nasional. Untuk penjualan retail (dari dealer ke konsumen) mobil Daihatsu pada tahun 2024 tercatat sebanyak 168.263 unit atau sebesar 18,9% pangsa pasar penjualan mobil nasional. Hal ini menempatkan Daihatsu berada di peringkat kedua penjualan mobil retail. (rel/fan)
Komentar