SUDIRMAN, METRO–Untuk memastikan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) berjalan optimal dan menjangkau seluruh masyarakat, Wali Kota Padang, Fadly Amran, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang, Rabu (5/3).
Kunjungan ini menjadi bukti nyata komitmen Wali Kota dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima sebagai bagian dari Program Unggulan (Progul) Padang Amanah.
Dalam sidaknya, Wali Kota Fadly Amran meninjau secara langsung berbagai jenis layanan Adminduk yang diberikan Disdukcapil kepada masyarakat.
Ia ingin memastikan implementasi Progul Padang Amanah berjalan efektif, terutama dalam hal mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, bebas pungutan liar (pungli), dan berorientasi pada pelayanan terbaik.
Fadly Amran menegaskan bahwa peningkatan kualitas layanan Disdukcapil adalah prioritas utama. Menurutnya, kemudahan dan kenyamanan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan adalah cerminan dari pemerintahan yang melayani.
“Pelayanan publik harus terus kita tingkatkan. Melalui Progul Padang Amanah, kita ingin memastikan pelayanan kepada masyarakat semakin mudah, cepat, dan bebas pungli. Pemerintahan yang bersih dan melayani adalah komitmen utama kita,” tegas Wali Kota Fadly Amran saat berdialog dengan petugas Disdukcapil dan masyarakat yang sedang mengurus dokumen.
Salah satu inovasi unggulan Disdukcapil Kota Padang yang diapresiasi Wali Kota adalah layanan daring Sistem Informasi Rancang Akta Kelahiran dan Kematian (SIRANCAK).
Layanan ini memungkinkan masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan secara online, tanpa perlu datang langsung dan mengantre di kantor Disdukcapil.
Lebih dari itu, layanan SIRANCAK kini telah ditingkatkan aksesibilitasnya menjadi 24 jam penuh.
Komentar