Padang Bagoro makin Menggeliat, Fokus Membersihkan dan Mengeruk Sedimen Drainase

BAGORO DI ALAI PARAK KOPI— Pj Wali Kota Padang Andree Algamar meninjau pelaksanaan Padang Bergoro di Kelurahan Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Minggu (27/10).

PADANG, METRO —Animo masyarakat Ko­ta Padang semakin tinggi me­ngikuti Padang Bagoro edisi Oktober 2024. Hal ini terlihat pada warga di 11 kecamatan yang melaku­kan gotong-royong di d­e­pan halaman rumah ma­sing-masing, hingga fa­silitas umum lain.

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar mengatakan, Padang Ba­goro edisi Oktober 2024 ini mengusung tema “Edisi Antisipasi Banjir 2, Bebaskan Sumbatan Drainase”.

“Sejak launching pada 2022 lalu, kita berkomitmen melaksanakan program Padang Bagoro setiap bulannya. Fokus kita bulan ini membersihkan dan me­nge­ruk sedimen yang ada dalam drainase. Ini sebagai bentuk antisipasi terhadap genangan air dan banjir yang masih terjadi,” ujar Andree Algamar se­wak­tu meninjau pelaksanaan Padang Bergoro di Kelurahan Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Minggu (27/10).

Andree Algamar menjelaskan, Padang Bagoro merupakan upaya Pemerintah Kota Padang untuk menimbulkan kembali kesadaran seluruh warga kota untuk bergotong royong membersihkan selokan dan lingkungan sekitar.

Padang Bagoro mengusung konsep Padang bersih dimulai dari keluarga. Keluarga diminta terlibat aktif untuk membersihkan pekarangan rumah masing-masing, selokan, drainase dan jalan serta fasilitas umum sekitar ling­kungan mereka.

“Kita mengajak ma­sya­rakat Kota Padang untuk selalu membersihkan halaman rumah, melakukan pe­nge­rukan sedimen yang ada dalam drainase di ling­kungan masing-masing, dan tidak membuang sampah sembarangan ke drai­nase,” tambah Andree di­dampingi Pj Sekda Yosefriawan.

Dalam kesempatan ini, Pj Wako Andree Algamar juga meninjau Bank Sampah Sakato, jembatan dan fasilitas olahraga masya­rakat yang berada di Komplek Talago Permai RT 04 RW 13, Kelurahan Alai Parak Kopi. (brm)

Exit mobile version