Unes dan AAI Padang Lepas 1.152 Wisudawan, Rektor: 3 Prodi Menuju Akreditasi Unggul

PELEPASAN WISUDAWAN— Rektor Unes Prof. Sufyarma Marsidin, melepas 1.152 wisudawan dalam prosesi wisuda Universitas Eka Sakti (Unes) ke-59 dan Akademi Akutansi Indonesia (AAI) ke-68, di Auditorium UNP, Sabtu (26/10).

HAMKA, METRO —Universitas Ekasakti (Unes) dan Akademi Akuntansi Indonesia (AAI) Pa­dang melantik 1.152 wisu­da­wan dalam prosesi wisuda yang berlangsung di gedung Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Sabtu (26/10). Rektor Unes, Prof. Sufyarma Marsidin mengatakan, dia menggantungkan harapan yang besar bagi para lulusan serta program studi (prodi) di Unes untuk mencapai akreditasi unggul.

“Kita doakan bersama agar Prodi S1 Hukum, Prodi S1 Manajemen, dan Prodi S1 Administrasi Negara dapat meraih akreditasi unggul,” ujar Prof. Sufyarma, didampingi Ketua Panitia Wisuda Mahmud serta Koordinator Humas Wisuda Sumartono.

Dia juga menambahkan, dalam waktu dekat akan diusulkan pula akreditasi untuk program S2 dan S3 di bidang Ilmu Manajemen dan Ilmu Hukum.

Dari total wisudawan, Fakultas Hukum mencatatkan jumlah tertinggi dengan 322 lulusan untuk jenjang S1 dan 82 lulusan untuk jenjang S2. Selain itu, Fakultas Teknik dan Perencanaan menyumbang 267 lulusan, sedangkan Fakultas Ekonomi meluluskan 164 orang.

“Jumlah mahasiswa Unes saat ini tercatat sebanyak 5.667 orang, sementara Akademi Akuntansi Indonesia (AAI) memiliki 100 mahasiswa aktif,” ungkapnya.

Unes juga terus meningkatkan kualitas tenaga pengajarnya, dengan tujuh dosen telah mencapai gelar profesor dan tujuh lainnya dalam proses pengusulan sebagai calon guru besar.

“Unes memiliki tujuh orang profesor dan sejumlah dosen dengan kualifikasi S2 sebanyak 197 orang serta S3 sebanyak 39 orang,” jelas Prof. Sufyar­ma, dalam acara wisuda de­ngan tema “Lulusan yang Bermutu dan Bermartabat”.

Selain itu, di tahun akademik 2024/2025 ini, Unes kembali memberikan ke­sem­patan kepada mahasiswanya untuk meraih beasiswa dari berbagai sumber, di antaranya Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), yang telah diberikan kepada 101 mahasis­wa.

Kemudian, beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) diberikan kepada 46 mahasiswa, serta beasiswa yayasan yang mencakup diskon 25 hingga 100 persen bagi 654 penerima.

“Beasiswa ini turut di­dukung oleh para anggota DPR RI periode 2024-2029, seperti Dr. Lisda Hendrajoni dan Alex Indra Lukman,”” ujarnya.

Turut hadir dalam prosesi wisuda ini, Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono, sebagai pemberi orasi ilmiah di hadapan para wisudawan, dalam kesempatan itu Irjen Pol. Suharyono juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak yayasan dan civitas akademika Unes.

“Tingkat tertinggi da­lam perkuliahan bukan hanya sekedar lulus, tetapi juga menuntut ilmu yang bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara,” ujarnya.

“Prosesi wisuda ini juga menjadi momen penting untuk menunjukkan komitmen Unes dalam menghadirkan lulusan berkualitas yang siap berkontribusi secara positif bagi bangsa dan negara,” kata kapolda.

Sementara Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma, memberikan apresiasi tinggi atas kelulusan para wisudawan dan wisu­dawati Universitas Ekasakti dan Akademi Akuntansi Indonesia (AAI) Padang.

Afdalisma mengingatkan bahwa gelar yang di­pe­roleh membawa serta tanggung jawab sebagai seorang intelektual. Kemudian nama mereka (wi­su­da­wan) kini bertambah panjang dengan gelar akademik.

Dia juga menegaskan bahwa kelulusan ini menandai dimulainya perjalanan baru di dunia profesional. Selama ini, para wisudawan menempuh pendidikan sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi dengan status sebagai siswa dan mahasiswa.

Menurutnya, bekal ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh selama pendidikan di kampus akan menjadi dasar yang kuat dalam menjalani dunia pro­­fesi.  (brm)

Exit mobile version