Cawako Iqbal Peduli Warga Gantung Ciri Menderita Sakit Paru

MENJEMPUT DI BIM— Calon Wali Kota (Cawako) Padang nomor urut 2 Dr H. Muhammad Iqbal, menjemput kedatangan Fendo Akta Putra (30) di BIM, Rabu (23/10). Fendo menderita sakit paru-paru hampir 3 bulan di Malaysia.

PADANG, METRO–Calon Wali Kota (Cawako) Padang nomor urut 2 Dr H. Muhammad Iqbal, menunjukkan kepeduliannya terhadap warga Gantuang Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, penderita sakit paru kurang lebih kurang 3 bulan di Malaysia.

Kepedulian M Iqbal yang juga seorang psikolog ini ditunjukkannya saat kedatangan Fendo Akta Putra (30) dari Malaysia, Rabu (23/10).  Muhammad Iqbal langsung menjemput Fendo di Bandara Inter­na­sional Minangkabau (BIM).

Pendamping Fendo Akta Putra di Malaysia, Irzon Anton mengatakan, Fendo sudah lama di Malaysia dan bekerja. Namun, akhir-akhir ini dia mengalami sakit dan diantar ke rumah sakit di Malaysia oleh teman-temannya. Saat itu biaya rumah sakit mencapai RM 2000.

“Untuk dana ini, kami mengumpulkan dana melalui Ikatan Keluarga Minang Malaysia yang ada di Kuala Lumpur,” ungkap Irzon Anton.

Pada kesempatan ini dapat jelaskan pada saat ini paspornya hilang dan telah kita melaporkan ke Kedutaan dan kedutaan telah menerima. Dapatlah Surat Perjalanan Laksana Paspor Republik Indonesia (SPLP).

Diceritakan Irzon, untuk keluar dari Malaysia, mereka harus melapor ke Imigrasi dan bayar denda, karena Fendo tidak boleh jalan harus didampingi.

“Kami sebagai pen­dam­ping dan sebagai orang Minang,  itulah bentuk persaudaraan kami dan bapak M Iqbal yang juga ikut mensupport. Bapak Iqbal datang ke Malaysia menemui orang – orang Minang di sana,” kata Irzon.

“Untuk itu kita sebagai orang Minang baik di rantau maupun di kampung saling memberikan doa dan membantu semoga orang Minang di mana – mana tidak akan susah sendiri – sendiri. Kami sangat kenal sekali, bapak Iqbal ini sangat banyak dukungan dari masyarakat baik di rantau maupun Ranah Minang,” aku Irzon.

“Bapak Iqbal adalah ciri khas pemimpin untuk masa depan terutama di Kota Padang. Kami melihat di Malaysia orang yang merakyat dan cocoklah me­mimpin dan mudah-mudahan beliau menang,” lanjutnya.

Menurut Irozon, M Iq­bal banyak membantu wak­tu di Malaysia dulu, sa­ngat dekat dengan ma­sya­rakat Minang di Malaysia.

“Sekali lagi kami mewakili Fendo mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah ikut bersama- sama memberikan bantuan baik secara moril dan materil semoga menjadi amal ibadah,” ucap Irzon.

Sementara itu, Cawako Padang Dr H. Muhammad Iqbal, mengatakan bahwa ini adalah pengalaman kami selama 7 tahun di Malaysia.

“Saya banyak membantu masyarakat Indonesia termasuk masyarakat Minang pada waktu saya  sebagai Ketua Persatuan Pelajar Indonesia di Malaysia. Banyak menjalin hubungan silaturahmi baik pekerja Indonesia termasuk orang Minang,” kata Iqbal.

“Hari ini salah satu bukti kita, bahwa kita memang bekerja buat masyarakat  sudah lama kami laksanakan jauh hari. Apalagi ini langsung dari tokoh -tokoh dan ninik mamak  orang minang di Malaysia yang menghubungi saya untuk bisa membantu memulangkan dunsanak kita ini. Insya Allah siapa saja kita peduli dengan dunsanak kita,” tutur Iqbal.

“Kita juga memberikan ucapan terima kasih kepada tokoh masyaraat di perantauan dan  ninik mamak yang telah membantu saudara kita. Dengan bantuan bersama itu dan akhirnya saudara Fendo bisa kem­bali ke tanah Air di ranah Minang. Mari bersama-sama mendoakan saudara Fendo cepat sembuh dan kembali beraktivitas,” ucap Muhammad Iqbal. (ped)

Exit mobile version