Pj Wako Panen Padi Jajar Legowo di Kuranji

PANEN PADI— P Wali Kota Padang Andree Harmadi Algamar ikut melakukan panen padi jjar legowo bersama Keltan Anugerah, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Rabu (23/10) pagi.

KURANJI, METRO–Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Harmadi Algamar men­datangi Kelurahan Kuranji, Keca­matan Kuranji, Padang, Rabu (23/10) pagi. Kedatangannya untuk melihat langsung proses panen padi milik kelompok tani (Keltan) Anugerah.

Kedatangan Pj Wali Kota Padang menambah semangat petani di Kelurahan Kuranji. Di kesempatan itu, Andree juga ikut mengarit padi yang telah menguning.

“Panen kali ini cukup menggembirakan, rumpun padinya lebih banyak,” terang Andree Harmadi Algamar.

Keltan Anugerah memanen demplot padi panen murah. Bibit padi yang ditanam yakni jajar legowo. Pengolahannya tidak memakan biaya besar.

“Tentunya kita mengapresiasi Dinas Pertanian yang telah memotivasi petani untuk terus menanam padi di sawah,” ujar Andree.

Selain itu, Andree juga mengacungi jempol para petani yang telah mampu menjadi pahlawan pangan Indonesia. Menyediakan lahannya untuk menanam bibit bagi kebutuhan ma­sya­rakat.

“Semoga generasi mi­le­nial saat ini dapat meniru semangat petani,” ha­rap­nya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Yoice Yuliani mengatakan bahwa pada masa panen padi milik Keltan Anugerah ini, pihaknya ikut melibatkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang. BPS Pa­dang langsung me­ngam­bil ubinan padi yang ada.

“Setelah dilakukan ubinan, didapat sekitar 4,1 ton perhektar,” jelasnya.

Dijelaskannya, penggunaan demplot padi po­kok murah jajar legowo ini telah mengurangi biaya para petani dalam mengolah sawah. Padi pokok murah ini tidak menggunakan pupuk kimia yang banyak. Selain itu, biaya pengolahan juga tidak ada.

“Setelah panen ini, petani tidak lagi mengolah sawah, akan tetapi dapat langsung menanam padi kembali,” terangnya. (brm)

Exit mobile version