Jauhi Pinjol, Pelaku UMKM Kota Padang Diajak Gabung Koperasi

PENTINGNYA KOPERASI— Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Padang menggelar sosialisasi “Pentingnya Peranan Koperasi dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Padang” di Youth Centre, Rabu (23/10).

AZIZ CHAN, METRO–Koperasi berperan pen­ting dalam membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)  dalam mengembangkan usaha dari anggota maupun calon anggotanya.

Hal ini dijelaskan Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Padang Siska Meilaini saat membuka kegiatan sosialisasi “Pentingnya Peranan Koperasi dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Padang” di Youth Centre, Rabu (23/10).

Sekretaris Diskop UKM Siska Meilani berharap sosialisasi ini sebagai wadah bagi pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Berdasarkan data, jumlah penduduk Indonesia 97 juta namun hanya 25 persen yang tergabung dalam koperasi.

“Saat ini pemerintah pusat berkomitmen untuk menguatkan koperasi dan UMKM. Hindari pinjaman online (pinjol) dan bergabung ke koperasi. Koperasi sangat penting dan banyak keuntungan jika bergabung koperasi,” katanya.

Ia menambahkan, kope­rasi di Padang tidak hanya ber­fokus pada simpan pinjam namun juga difokuskan pada pemasaran untuk me­ngem­bangkan usahanya.

“Dalam rangka membantu pelaku UMKM Pemko Padang juga telah menyalurkan subsidi margin, pro­gram pembiayaan yang diberikan kepada pelaku usaha mikro yang tergabung dalam Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Penyalur. Program ini telah terbukti bermanfaat bagi pengembangan usaha pelaku usaha,” ujar Siska Mei­lani.

Sementara itu, Kepala Bidang Fasilitasi Pemberdayaan Usaha Simpan Pinjam Eva Mustika Rosa  men­­jelaskan tujuan dari so­­sialisasi ini untuk me­ning­­katkan pengetahuan dan wawasan pelaku UMKM terkait manfaat per­koperasian.

“Memotivasi dan ber­ko­laborasi antara koperasi dan UMKM  sekaligus meningkatkan anggota koperasi yang berasal dari penggiat UMKM,” pung­kas­nya.

Sosialisasi ini akan berlangsung selama tiga hari, mu­lai Rabu (23/10) sampai Jumat (25/10). Pada Rabu (23/10) diikuti pelaku UMKM di Kecamatan Pauh, Lubuk Kilangan, Lubuk Begalung,  Kuranji dan Pa­dang Selatan di Youth Center. Kemudian, Kamis (24/10) di Aula Kantor Camat Padang Barat diikuti oleh Kecamatan Padang Barat, Padang Timur, Pa­dang Utara, Koto Tangah,  Nanggalo. Jumat (25/10) berlangsung di Aula Kantor Camat Padang Barat diikuti oleh penggerak koperasi se-Kota Padang. (brm)

Exit mobile version