Kembangkan Aplikasi Keuangan Haji, BPKH Gelar Sayembara Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

PRESS CONFERENCE— Anggota Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander bersama Wakil Rektor IV Universitas Andalas Dr Henmaidi saat press conference Kompetisi Sayembara Logo, Nama, dan Aset Ilustrasi Aplikasi BPKH, Jumat (6/9).

LIMAU MANIS, METRO–Badan Pengelola Ke­uangan Haji (BPKH) meng­gelar Sayembara Logo, Na­ma dan Desain User In­ter­face BPKH Apps ber­ha­diah puluhan juta rupiah yang terbuka untuk umum. Dalam rangka meningkat­kan pelayanan dan men­jaga keberlanjutan ke­ua­ngan haji, BPKH sedang mengembangkan aplikasi mobile (BPKH Apps).

Aplikasi ini akan meng­hubungkan sistem BPKH, Bank Penerima Setoran Haji (BPS BPIH), Kemen­terian Agama RI dan mitra strategis perhajian lainnya dalam ekosistem haji yang terintegrasi dan inovatif.

“Sayembara Logo, Na­ma dan Desain User Interface BPKH Apps ini menjadi sebuah terobosan dalam rangka peningkatan pela­yanan dan transparansi ke­uangan haji kepada je­maah dan portal digital yang dapat mem­berikan ke­mudahan pendaftaran haji dan kelengkapan infor­masi terkait haji maupun pengelolaan keuangannya kepada seluruh umat Islam, baik calon jemaah baru maupun yang waiting list,” ujar Anggota Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander, dalam kon­fe­rensi pers di Universitas Andalas Padang, Jumat (6/9).

Harry berharap kom­pe­tisi ini dapat melahirkan desain yang mampu meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam me­ng­gunakan aplikasi BPKH Apps, kita ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk Jemaah Haji salah satu implementasinya dengan pengembangan aplikasi ini, calon jemaah haji nantinya dapat men­daftar haji dari mana saja secara online.

Karya yang dilombakan terdiri dari 2 kategori. Pertama, logo dan nama untuk aplikasi BPKH dengan penjelasan filosofinya. Ke­dua, desain User Interface (UI) yang meliputi ikon, ilustrasi terkait haji, jenis font, dan palet warna

Adapun timeline Sa­yem­bara Logo, Nama dan De­sain User Interface BPKH Apps, pendaftaran dan submit karya pada 6 September-30 September 2024. Seleksi Karya dan administrasi: 1-7 Oktober 2024. Penggumuman 10 nominasi terbaik dan poling 12 Oktober 2024. Pengumuman Pemenang 20 Oktober 2024.

Harry menuturkan, BPKH melakukan proses penjurian dan kurasi, ber­kolaborasi dengan Universitas Andalas.

“Dari ratusan peserta nantinya dipilih 10 nominasi, dan akan memperebutkan juara favorit hasil polling di media sosial BPKH serta dari 10 nominasi tersebut akan di kurasi lagi menjadi 3 terbaik,” ujar Harry.

Wakil Rektor IV Universitas Andalas Dr Henmaidi menyampaikan, pihaknya sa­ngat mengapresiasi lang­kah BPKH yang melibatkan perguruan tinggi dalam pengembangan inovasi digital dan pengembangan aplikasi ini.

“Selain memiliki sumber daya manusia yang mumpuni, kampus juga berisi orang-orang muda dan kreatif , khususnya dari kalangan muslim, yang menjadi target kampanye BPKH untuk berhaji sejak dini,” kata Henmaidi

Jadi tunggu apa lagi, segera submit karya ter­baik­mu di https://bpkh.­go.id/sayembara-apps  Informasi lengkap seputar sayembara Logo, Nama dan Desain User Interface BPKH Apps  dapat dibaca di https://bpkh.go.id/handbook-app  dan WA Contact Center BPKH +62 821-9090-6002. (rgr)

Exit mobile version