12 Ribu Siswa SMP Ikuti Pra UN

AZIZ CHAN, METRO – Siswa SMP kelas IX akan mengikuti Pra Ujian Nasional (UN) di sekolah masing-masing yang dimulai hari ini, Senin (11/3). Jumlah siswa yang akan mengikuti Pra UN pada tahun ini sekitar 12 ribu peserta.
Kepala Bidang (Kabid) Dikdas Dinas Pendidikan Kota Padang, Ramson mengatakan, Pra UN ini akan berlangsung selama empat hari, 11-14 Maret. Mata pelajaran yang diujikan dalam Pra UN ini yaitu, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.
”Dalam Pra UN ini, satu hari akan diujikan satu mata pelajaran,” ujar Ramson, Minggu (10/3).
Ramson menambahkan, Pra UN diselenggarakan sebagai tahapan jelang ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dilangsungkan. Serta, Pra UN ini dimaksudkan untuk melihat kesiapan dan kemampuan siswa dalam mengikuti UNBK yang rencananya akan digelar pada 22 April 2019 mendatang.
Ramson menjelaskan, sistem pengawasan dalam Pra UN ini diserahkan ke masing-masing sekolah masing-masing. Serta, tata tertib pelaksanaan ujian bagi siswa yang ikut, juga dibuat oleh sekolah.
“Yang jelas, Pra UN ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan tanpa kecurangan,” sebutnya.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius menekankan kepada pihak sekolah untuk melaksanakan Pra UN secara berintegritas dan pengawasan maksimal. Sehingga diharapkan nantinya bisa mendapatkan hasil Pra UN yang nantinya serta tidak ditemui indikasi kecurangan.
Kepada wali murid, Barlisu berharap agar menyuruh anaknya untuk mengulangi pelajaran di rumah dan mengontrol aktivitas kesehariannya.
“Jangan sampai orang tua memberikan kebebasan kepada anak keluar rumah hingga larut malam,” paparnya.
Ia berharap, orang tua memberikan perhatian yang penuh dalam menghadapi Pra UN dan UNBK ini. Dengan begitu diharapkan, siswa bisa mengikuti ujian dengan baik serta bisa memperoleh nilai yang bagus.
Disamping itu ungkap Barlius, pihaknya siap turun ke lapangan jika ada kendala dalam pelaksanaan Pra UN di sekolah-sekolah penyelenggara.
“Tujuannya, agar permasalahan atau kendala tersebut tidak berlangsung lama dan proses ujian bisa terlaksana dengan baik dan lancar,” sebut mantan kepala SMAN 6 Padang ini.
Anggota Komisi IV DPRD Padang, Gustin Pramona meminta kepada Dinas Pendidikan memonitor ke sekolah-sekolah pelaksanaan ujian Pra UN ini. “Dengan adanya monitor ke sekolah ini, kekurangan-kekurangan yang ditemui bisa dievaluasi dan perencanaan yang sudah ada bisa diterapkan sepenuhnya nanti,” ungkap kader Partai Demokrat ini. (ade)

Exit mobile version