Ombudsman RI Cek Pelayanan Publik di Bungus

KUNJUNGI KANTOR LURAH— Pj Wali Kota Padang Andree Algamar menerima kunjungan kerja sejumlah anggota Ombudsman Republik Indonesia yang dipimpin Yeka Hendra Fatika, di kantor Lurah Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kamis (15/8).

BUNGUS, METRO —Pemerintah Kota Pa­dang menyambut baik kunjungan kerja dari Ombudsman Republik Indonesia dalam rangka mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik mengenai dokumen administrasi kependudukan (adminduk) di Kota Padang.

Hal ini disampaikan Pen­jabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar sewaktu menerima kunjungan kerja dari sejumlah anggota Ombudsman Republik Indonesia yang dipimpin oleh Yeka Hendra Fatika, di Kantor Lurah Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kamis (15/8).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ombudsman RI yang telah berkenan melihat pelayanan publik di bagian Selatan daerah Kota Padang. Ombudsman selaku lembaga pengawasan pelayanan publik tentu sangat kami harapkan masukan dan sarannya untuk kemajuan pelayanan publik di Kota Padang,” kata Andree.

Andree Algamar me­nyebutkan, dalam per­ce­pa­tan masyarakat men­dapatkan dokumen Adminduk, Pemerintah Kota Pa­dang telah melakukan se­jum­lah upaya. Diantaranya, melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP secara ‘jemput bola’.

“Kita juga bekerjasama dengan rumah sakit bersalin, agar anak yang baru lahir langsung mendapatkan akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA). Kemudian bekerjasama dengan Pengadilan Agama agar pasangan yang baru menikah mendapatkan KK dan e-KTP yang baru,” pungkas Andree Algamar didampingi Kadis Dukcapil Teddy Antonius.

Sementara itu, pimpinan Ombudsman Republik Indonesia Yeka Hendra Fatika menjelaskan, kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Ombudsman dalam memastikan pe­layanan publik yang ber­kualitas dan sesuai de­ngan standar yang telah ditetapkan.

“Ombudsman RI memiliki tugas pokok dan fungsi melakukan pencegahan dan pemberantasan maladministrasi yang dilakukan oleh aparatur penyelenggara negara dan pemerintahan, terhadap pelayanan publik. Dengan adanya kunjungan ini kita ingin memastikan bahwa pelayanan publik menge­nai administrasi kependudukan di Kota Padang ber­jalan dengan baik,” ucap pimpinan Ombudsman Republik Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang juga menyerahkan 14 Akta Kelahiran kepada 12 KK yang berada di Kelurahan Teluk Kabung. (brm)

Exit mobile version