Ekos Albar Nyatakan Mundur sebagai Cawako Padang

MUNDUR— Mantan Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar yang menyatakan mundur sebagai callon Wali Kota Padang.

PADANG, METRO–Mantan Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, menyatakan mundur dari bursa pencalonan Wali Kota Padang pada Pilkada Serentak 2024. Salah satu alasan yang dikemukakan politisi Partai Amanat Na­sional (PAN) ini adalah karena tak dapat dukungan dari partai politik (parpol).

“Dengan segala keren­dahan hati, saya ingin me­nyampaikan keputusan yang sangat berat bagi saya dan tim. Setelah mela­kukan berbagai pertimba­ngan dan evaluasi menda­lam, saya memutuskan un­tuk tidak maju sebagai ca­lon Wali Kota Padang pada Pemili­han Kepala Daerah yang akan da­tang,” kata Ekos Albar, melalui ke­terangan tertulis, Kamis (25/7). waliko

Menurut Ekos, keputu­san untuk tidak maju seba­gai calon Wali Kota Padang adalah keputusan yang sangat berat bagi dirinya dan tim. Namun, ia perca­ya bahwa ini adalah kepu­tusan yang terbaik untuk kepentingan bersama.

Dijelaskan Ekos lebih lanjut, sebagai calon yang ingin membawa pe­ruba­han positif dan signifikan bagi kota Padang, duku­ngan dari partai politik merupakan salah satu ele­men krusial.

“Dukungan ini tidak ha­nya terkait dengan logistik dan sumber daya kam­panye, tetapi juga keper­cayaan dan legitimasi yang diberikan oleh partai kepa­da calon yang diusung­nya,” jelas Ekos Albar.

Menurut Ekos, dalam beberapa bulan terakhir, timnya telah melakukan berbagai pendekatan dan negosiasi dengan bebe­rapa partai politik besar yang diharapkan dapat mendukung pencalonan ini. Namun, setelah melalui berbagai proses dan eva­luasi internal dari par­tai-partai tersebut, duku­ngan yang diharapkan ti­dak kun­jung terealisasi.

“Situasi ini membuat kami harus realistis dalam menilai peluang dan ke­mungkinan untuk maju da­lam kontestasi politik ini,” tuturnya.

Kemudian alasan lain yang membuat dirinya mun­­dur, Ekos ingin fokus pada kesejahteraan dan pemba­ngunan Kota Pa­dang. Selain masalah du­kungan politik, ia juga mem­pertimbangkan aspek lain yang tidak kalah penting, yaitu kesejah­te­raan dan pembangunan Kota Padang.

“Sebagai seseorang yang memiliki komitmen kuat terhadap kota ini, saya merasa bahwa akan lebih baik jika saya mendukung kandidat lain yang memiliki visi dan misi sejalan de­ngan saya. Dengan demi­kian, saya dapat tetap ber­kontribusi secara signifikan dalam pembangunan kota, meski tidak melalui jalur kepemimpinan langsung,” paparnya.

Dengan pertimbangan tersebut, Ekos mengaku akan mengarahkan duku­ngan kepada kandidat lain. “Setelah melalui berbagai pertimbangan, saya dan tim memutuskan untuk mengarahkan dukungan kepada salah satu kandidat yang kami yakini memiliki kapasitas, integritas, dan visi yang jelas untuk mem­bawa kota Padang ke arah yang lebih baik. Kandidat ini tentulah kandidat yang sudah berdiskusi secara langsung dengan kami se­belum pengambilan kepu­tusan ini,” jelasnya.

Dengan mendukung kandidat tersebut, Ekos berharap dapat tetap ber­peran aktif dalam proses pembangunan Kota Pa­dang, memastikan bahwa aspirasi dan harapan ma­syarakat tetap terwakili dan terwujud.

“Kami percaya bahwa kandidat ini akan mampu melanjutkan dan me­ngem­bangkan berbagai program yang telah kami ren­canakan, serta membawa inovasi dan solusi baru untuk tantangan yang diha­dapi kota ini,” pungkasnya. (fer)

Exit mobile version