AIAPACAH, METRO–Pemko Padang resmi meluncurkan logo Hari Jadi ke-355 (1669-2024) yang diperingati pada tanggal 7 Agustus 2024. Logo tersebut diluncurkan langsung oleh Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar dalam Rapat Staf di Aula Bagindo Aziz Chan, Balai Kota Padang, Aie Pacah, Kamis (11/7) siang.
Andree Harmadi Algamar mengatakan, Hari Jadi Kota Padang tahun ini mengangkat tema Sinergitas Blue Economy and Green Economy.
Dipilihnya tema ini menunjukkan komitmen Pemko Padang untuk bersinergi dengan seluruh elemen untuk meningkatkan perekonomian di bidang kemaritiman.
Logo ini juga menggambarkan peningkatan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat, dan mengurangi risiko kerusakan lingkungan.
“Tema yang kami pilih ini sejalan dengan program pemerintah pusat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi menuju visi Indonesia Emas 2045. Untuk itu kami minta kepada ASN di lingkungan Pemko Padang untuk mensosialisasikan logo ini di setiap kegiatan,” katanya.
Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan HUT Kota Padang, Didi Aryadi menyebutkan, perayaan hari jadi Kota Padang akan berlangsung selama tujuh hari, mulai dari tanggal 1 hingga 7 Agustus 2024.
Kegiatan dipusatkan di Balai Kota Padang Aie Pacah, Kantor DPRD Kota Padang Sungai Sapih, dan Balai Kota Lama di Jalan M Yamin.
Beberapa agenda kegiatan yang akan digelar diantaranya pameran dan expo yang akan berlangsung dari 1 hingga 7 Agustus, Padang Trail Runner, pembagian bendera merah putih, ziarah ke makam Wali Kota Padang yang pertama, Abu Bakar Jaar, tabligh akbar, Festival Siti Nurbaya, dan banyak perlombaan lainnya.
“Pada peringatan hari jadi Kota Padang kali ini, kami juga akan mengadakan lomba MTQ tingkat kota, pameran barang-barang peninggalan Rasulullah Nabi Muhammad SAW, serta nanti pemutaran video mapping Balai Kota lama,” tuturnya.
Padang Great Sale
Memeriahkan hari jadi ibukota Provinsi Sumatera Barat itu, Pemko Padang juga kembali menggelar “Padang Great Sale”. Menurut Didi, Pemko bersama sejumlah ritel, BUMN/D, perbankan, maupun perusahaan transportasi memberikan diskon khusus atau pemotongan harga kepada warga.
“Pemotongan harga lewat program Padang Great Sale diberlakukan pada H-3 hingga H+3 Hari Ulang Tahun Kota Padang, bahkan ada perusahan yang memberlakukan diskon harga hingga sebulan penuh,” terang Didi.
Tercatat, sejumlah ritel, perbankan, BUMN/D, maupun perusahaan transportasi ikut berpartisipasi pada program memeriahkan ulang tahun Kota Padang itu. Seperti BNI, Bank Nagari, Trans Mart, Budiman Swalayan, Citra Swalayan, SJS Swalayan, Plaza Andalas, Suzuya Stasiun Padang, Blue Bird, Grab, Trans Padang, Perumda Air Minum, dan lainnya.
“Alhamdulillah kita mendapat dukungan dari sejumlah pihak dalam memeriahkan HUT Kota Padang,” sebut Didi.
Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Syahendri Barkah menyebut, Padang Great Sale merupakan program tahunan yang selalu digelar setiap ulang tahun Kota Padang. Program ini cukup menyentuh masyarakat, di saat Kota Padang berulang tahun, warga ikut senang dan gembira dengan kemudahan yang diberikan oleh Pemko Padang bersama pihak swasta lain yang ikut terlibat.
“Program ini begitu ditunggu-tunggu masyarakat ketika Kota Padang berulang tahun. Pastinya dengan Padang Great Sale’ ini akan banyak kunjungan ke Padang, serta perputaran ekonomi bergerak kencang,” jelasnya. (brm)