“Pertumbuhan bisnis UUS PT. Bank Nagari dari Januari 2024 sampai dengan Juni 2024 berdampak kepada perolehan Laba UUS yang mencapai Rp81,40 miliar,”ucap Gusti Chandra menjelaskan.
Diungkapkan oleh Gusti Chandra, bencana yang terjadi di Sumbar beberapa saat lalu, turut berdampak terhadap kinerja Bank Nagari terutama terjadinya pemburukan kualitas Kredit/pembiayaan sejalan dengan terganggunya usaha debitur sehingga pengembalian angsuran menjadi terkendala.
“Kantor Cabang yang terdampak bencana ini antara lain KC Painan, KC Batusangkar, KC dan KC PaÂdang Panjang. Dimana, hasil perhitungan per 13 Juni 2024 dapat dilihat bahwa terdapat 73 debitur yang terdampak langsung dengan rincian 48 debitur KUR dan 25 debitur Non KUR, dengan total outstanding kredit sekitar Rp23,99 miliar,”ungkap Gusti Chandra.
Dari sisi Tabungan, terjadi penurunan Tabungan di beberapa Kantor Cabang yang terdampak langsung seperti KC Syariah Batusangkar dan KC Painan, KC Payakumbuh dan KC Lubuk Alung (termasuk KCP Sicincin) seiring terbatasnya akses jalan yang terputus total akibat banjir bandang.
“Untuk menangani hal tersebut beberapa strategi kami lakukan diantaranya yaitu, Pemberian KUR Kecil lebih selektif dengan tetap merepakan prinsip kehati-hatian, Merespon dengan cepat berbagai program stimulus yang diberikan pemerintah, MoÂniÂtoring KUR secara rutin baik segi posisi maupun kualitas, Monitoring proses klaim penjaminan dan pemÂbayarannya, serta MeÂlakukan restrukturisasi keÂpada debitur non KUR,”jelasnya.
Sistem digital terbaru milik PT Bank Nagari yaitu OLLIN, juga terus terus mengalami peningkatan dimana jumlah User OLLIN per Juni 2024 mencapai 147.484 user yang terdiri dari: 71.271 user Migrasi dari Mobile Banking lama 76.213 user OLLIN Baru.
Selama semester I taÂhun 2024 ini, PT. Bank Nagari juga telah mendapatkan penghargaan berÂgeÂngÂsi yaitu, Juara 3 Lomba Giat Edukasi Meningkatkan Akseptasi (GEMA) QRIS ProÂvinsi Sumatera Barat Tahun 2023, The 2nd Best Mobile Banking Conventional Bank (KBMI 1) 2024 Dalam 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024, The 1st Best ATM untuk Bank Pembangunan Daerah Dalam Banking Service Excellent Award 2024, The 2nd Best Teller untuk Bank Pembangunan Daerah Dalam Banking Service Excellent Award 2024.
Penyaluran CSR PT Bank Nagari Januari – Juni 2024, mencapai Rp 7.709.Â000.000,- yang terdiri dari Bidang Pendidikan 758.Â000.000, Bidang Keagamaan 1.746.000.000, Bidang Kemasyarakatan 3.478.Â000.000, Bidang Kesehatan 706.000.000, Pembinaan Bank 1.020.000.000.
“Diantara program CSR PT. Bank Nagari yaitu, SuÂbuh Mubarokah dan Gotong Royong di Mesjid RaÂya Sumbar, Bantuan rumah tidak layak huni dalam rangka safari Ramadhan, Pembagian sembako daÂlam rangka HUT Bank Nagari ke-62, Bantuan peduli kepada Panti Asuhan, Nagari Berqurban, Bencana alam (banjir Pesisir Selatan, banjir bandang Kab. Agam dan Tanah Datar), Bantuan Paket sembako untuk Pasukan KuÂning,”pungkas Gusti Chandra. (rom)
















