Andre Rosiade Minta PTPN Bantu Petani Remajakan Tanaman Kelapa Sawit di Sumbar

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade

JAKARTA, METRO–Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Gerindra, Andre Rosia­de, mendukung program replanting atau peremajaan ke­lapa sawit rakyat yang digagas PTPN Group. Program ini ber­tujuan untuk meningkatkan pro­duktivitas tanaman per­kebunan kelapa sawit nasional.

“Program peremajaan sa­wit rakyat ini menarik, PTPN kalau bisa berinisiatif. Apa lagi ekosistemnya sudah dibangun oleh Kemen­te­rian dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS),” kata An­dre saat rapat dengar pen­dapat Komisi VI DPR de­ngan Dirut PTPN, dalam keterangannya, Rabu (26/6).

Andre mengatakan pro­gram peremajaan sawit rak­yat oleh PTPN me­ru­pakan salah satu peran perusa­haan negara yang tidak hanya mencetak un­tung, melain­kan juga mem­bantu ma­sya­ra­kat. Dia pun ber­ko­mit­men mengawal program peremajaan sawit rakyat yang ditargetkan tembus 60.000 hektare sam­pai 2026.

“Saya harap Pak Dirut bisa berikan target yang jelas berapa ribu hektare per tahun. Dan nanti dila­porkan kepada kami di Ko­misi VI secara berkala,” kata Andre.

Dalam kesempatan itu, Andre Rosiade meminta agar program peremajaan sawit rakyat juga me­nya­sar wilayah Sumatra Barat (Sumbar). Menurutnya, banyak petani di daerah pemilihannya kesulitan melakukan peremajaan kelapa sawit.

“Mungkin Bapak bisa bantu petani kelapa sawit di Sumatera Barat, khu­susnya di dapil saya di Dhar­masraya, lalu Pa­sa­man Barat, itu kan ba­nyak sekali sawit-sawit tua. To­long ini menjadi catatan, ini aspirasi daerah agar program ini juga di-anoun­ce ke PTPN VI,” kata Andre.

“Sawit ini memang pri­ma­donanya di Sumatera Utara dan Riau. Tapi Sum­bar juga tolong jangan di­lu­pakan. Karena petaninya butuh. Mereka pemilih sa­ya dan Pak Prabowo me­nang di daerah itu. Jadi menjadi kewajiban saya untuk memperjuangkan hal itu,” imbuh Andre. (*)

Exit mobile version