Longsor Nyaris Timbun Rumah Warga di Sungai Lareh Lumin

PEMBERSIHAN MATERIAL LONGSOR— Satu unit alat berat dari Dinas PUPR Kota Padang dikerahkan untuk memudahkan dan mempercepat proses evakuasi material longsor di di Perumahan Graha III RT 07 RT 01 Sungai Lareh, nyaris tertimbun longsor, Jumat (21/6) pagi.

LB.MINTURUN, METRO–Hujan deras yang menggu­yur wilayah Kota Padang sejak Kamis (20/6) malam, menyebab­kan longsor di Sungai Lareh, Kelurahan Lubukminturun (Lu­min), Kecamatan Kototangah. Satu unit rumah warga yang berada di Perumahan Graha III RT 07 RT 01 Sungai Lareh, nyaris tertimbun longsor, Jumat (21/6) pagi.

Selain hampir menimbun rumah milik masyarakat tersebut, material longsor menyebabkan jalan dipe­nuhi tanah sehingga lalu lintas menjadi lumpuh.

“Longsor kali ini me­nye­babkan akses ke ru­mah warga menjadi ter­gang­gu yang disebabkan oleh material longsor me­nu­tupi jalan,” ungkap Ke­pala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton, Jumat (21/6).

Hendri mengatakan ti­dak ada korban jiwa yang di timbulkan, dan hanya berdampak pada akses jalan yang tidak dapat dilalui.

Hendri menambahkan, untuk membersihkan tum­pukan material longsor ter­sebut, stakeholder keben­canaan bersinergi. Satu unit alat berat dari Dinas PUPR Kota Padang dike­rah­kan ke lokasi kejadian un­tuk memudahkan dan mempercepat proses eva­kuasi material longsor.

“Kami berkoordinasi dengan Dinas PUPR mela­kukan survei ke tempat ke­ja­dian, dan Dinas PUPR me­nge­rahkan satu unit alat be­rat mini untuk meng­evakuasi material,” ung­kap­nya.

Hendri mengatakan pe­nye­bab longsor yang ter­jadi ini adalah karena hujan lebat yang disertai angin kencang terjadi Kamis ma­lam hingga Jumat (21/6) pagi. (brm)

Exit mobile version