5 Pasangan Ilegal Diamankan di Rumah Kos

BEBAS TERIMA TAMU— Petugas Satpol PP melakukan penertiban rumah kos yang kedapatan membawa pasangan ilegal di kawasan Kecamatan Padang Timur, Rabu (20/6) malam. Lima pasangan ilegal berhasil diamankan dan dibawa ke Mako Satpol PP untuk diperiksa.

TANMALAKA, METRO–Satpol PP Kota Padang lakukan patroli dan pengawasan di wilayah Kota Pa­dang, Rabu (19/6) malam. Petugas menyasar rumah kos-kosan, penginapan yang diduga melanggar aturan.

Kasat Pol PP Kota Pa­dang, Chandra Eka Putra melalui Kabid P3D Satpol PP Kota Padang Rio Ebu Pratama mengatakan, pengawasan dilakukan bersama pihak kelurahan dan kecamatan serta didampingi langsung oleh ketua RT dan RW setempat.

“Banyak laporan dari masyarakat ke Satpol PP terkait adanya kos-kosan yang diduga bebas menerima tamu laki-laki dan perempuan ke dalam kosan, sesuai arahan Kasat, kita langsung melakukan pengawasan untuk memastikan laporan tersebut,” ujar Rio Ebu.

Dari penyisiran yang dilakukan, petugas gabungan mengamankan lima pasangan yang sedang berada didalam kamar kos-kosan yang berada di kawasan Kecamatan Padang Timur dan di kos-kosan yang berada di kawasan Kecamatan Padang Timur.

“Diduga pasangan ilegal, karena kelima pasangan tersebut tidak dapat memperlihatkan buku nikahnya. Untuk  sementara kelimanya dibawa ke Mako untuk dimintai keterangannya lebih lanjut,” jelas Rio Ebu.

Lima pasangan tersebut diserahkan ke Penyidik Pegawai Negri Sipil (PPNS) Satpol PP untuk didata dan diproses sesuai aturan yang berlaku.

“Mereka diduga melanggar Perda 11 tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, serta pemilik kosan juga diduga melanggar Perda nomor 9 tahun 2016 terkait pengelolaan rumah kos. Untuk sanksi belum bisa kita pastikan, karena masih me­nung­gu hasil penyelidikan PPNS, yang pasti pemilik rumah kos-kosan tersebut kita panggil menghadap PPNS dan membawa surat izin usaha rumah kosnya,” terang Rio Ebu.

Rio Ebu mengajak, seluruh pemilik usaha rumah kos yang ada di Kota Pa­dang, agar ikut berperan aktif dalam melakukan pe­nga­wasan terhadap penghuni rumah kosnya, guna menjaga ketertiban umum dan ketentraman ma­sya­rakat terjaga di Kota Pa­dang.

Selain itu, petugas juga menertibkan empat orang wanita yang nongkrong hingga larut malam di kawasan jalan Batang Arau dan jalan Samudra. (brm)

Exit mobile version