Jumlah Hewan Kurban Meningkat Capai 8.047 Ekor, Pj Wako Padang Puji Semangat Warga

Andree Algamar Pj Wali Kota Padang

AIAPACAH, METRO–Penjabat (Pj) Wali  Kota Padang Padang Andree Algamar memuji se­ma­ngat berqurban dari warga  Kota Padang pada momentum Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 ini. Apresiasi ini diutarakannya seiring me­ning­katnya jumlah hewan kurban di Kota Padang pada tahun ini dengan total keseluruhan sebanyak 8.047. Diantaranya terdiri 7.064 ekor sapi, 980 ekor kambing dan 3 ekor kerbau.

“Kita bersyukur atas peningkatan jumlah hewan qurban yang disembelih di Kota Padang pada momentum Idul Adha tahun ini. Jumlah ini meningkat di­ban­dingkan tahun lalu yak­ni sebanyak 8.019 ekor he­wan kurban,” ungkap Pj Wako kepada wartawan sewaktu menyaksikan pe­nyem­belihan 5 ekor sapi kurban dari Pemko Padang di kawasan Kantor Balai Kota Padang, Aie Pacah, Senin (17/6).

Andree juga meng­apre­siasi pelaksanaan ber­kurban dari ASN di seluruh OPD di lingkungan Pemko  Padang yang tahun ini juga mengalami peningkatan.

“Hewan kurban yang berhasil dihimpun Pemko  Padang di tahun ini berjumlah 60 ekor. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni 55 ekor hewan kurban. Semua he­wan kurban tersebut akan kita distribusikan ke masjid/mushalla di  Kota Padang yang minim hewan kurban,” ujarnya.

Sebelum menyaksikan prosesi penyembelihan hewan kurban di kawasan Balai Kota Padang Padang, Pj Wali Kota Andree Algamar melaksanakan shalat Idul Adha 1445 H di Masjid Ukhuwah Balai Kota Padang. Bertindak sebagai khatib Ustadz Dr. H. Despi Dasmal, M. Ag dan Imam Shalat Ustadz H. Irsyad, S.Iq, S.Ag.

Andree Algamar dalam sambutannya menyebut bahwa dengan tema jadikan semangat Idul Adha sebagai penguat ketaq­waan kepada Allah SWT, maka kebersediaan berkurban merupakan bukti keimanan, kecintaan, dan kepasrahaan total seorang hamba kepada Allah SWT.

“Kurban juga mengingatkan manusia bahwa jalan menuju kebahagian senantiasa menuntut pengorbanan. Jika puasa mengajarkan mereka yang terbiasa kenyang merasakan lapar maka kurban mengajarkan mereka makin peduli kepada yang membutuhkan,” katanya.

Andree Algamar me­nye­but banyak hal-hal positif yang dapat diambil dari pe­laksanaan ibadah kurban. Apalagi tahun ini jumlah hewan kurban yang disembelih warga Kota Padang meningkatkan di­ban­dingkan tahun sebelumnya.

“Mudah-mudahanan dapat dinikmati seluruh warga Kota Padang. Kami percaya bahwa umat Islam di Kota Padang tentu tidak hanya memaknai ibadah kurban sebatas menyembelih hewan kurban dan membagikan dagingnya kepada saudara-suadara kita yang berhak menerima, akan tetapi lebih dari itu, pada hakekatnya ada makna filosofis yang perlu kita gali di balik peristiwa besar, yaitu ibadah kurban, mengajarkan untuk mencintai, saling menolong dan berbagi dengan sesama,” tegasnya.

Dia pun mengajak seluruh warga Kota Padang untuk dapat senantiasa mengambil makna positif dari ibadah kurban sehingga dapat terus lebih baik ke depannya. “Akhirnya atas nama Pemko Padang kami mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 10 Djulhijah 1445 H, semoga nilai-nilai positif di balik pelaksanaan ibadah kurban dapat menjadikan kita lebih baik di mata Allah SWT,” pungkasnya. (rel)

Exit mobile version