Al Quran harus Diimplementasikan dalam Kehidupan

PEMBUKAAN MTQ— Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar membuka kegiatan MTQ ke-41 Tingkat Kecamatan Lubuk Begalung di Halaman Gedung Balai Basuo Kelurahan Pagambiran Ampalu Nan XX, Minggu (9/6).

LUBEG, METRO–Penjabat (Pj) Wali Kota Pa­dang, Andree Algamar menyebut bahwa kegiatan Musabaqoh Tila­watil Qur’an (MTQ) tidak hanya sekadar kegiatan lomba. Menurut dia, hal paling penting adalah mengimplementasikan dan me­nga­malkan nilai-nilai Al Qur’an da­lam kehidupan sehari-hari.

Hal itu disampaikan Andree Algamar pada saat membuka secara resmi kegiatan MTQ ke-41 Tingkat Kecamatan Lubuk Bega­lung di Halaman Gedung Balai Basuo Kelurahan Pagambiran Ampalu Nan XX, Minggu (9/6).

“Kita inginkan bagaimana mengamalkan semua nilai ayat-ayat suci Al Qur’an itu dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ha­nya berlomba untuk jadi juara, itu bonus saja,” kata Andree Algamar.

Salah satu nilai yang menurutnya terkandung dalam Al Qur’an adalah terkait kebersihan, seperti tidak lagi membuang sam­pah sembarangan atau ke sungai.

“Ini menjadi penting untuk tidak sembarangan membuang sampah dan harus pada tempatnya karena hal itu dapat menimbulkan banjir dan apabila sudah terjadi banjir ma­ka akan banyak dampak negatif yang sama-sama kita rasakan,” tegas Andree Algamar.

Lebih lanjut, dia memuji kerja keras dari panitia dan masyarakat untuk mensukseskan MTQ ke-41 Tingkat Kecamatan Lubuk Begalung.

“Yang antusias itu tidak hanya pemerintah saja, tapi antusias dan semangat warga ini yang luar biasa. Apresiasi kami untuk pa­nitia yang sudah bersusah payah dalam meme­per­siapkan hal ini,” terangnya.

Sementara itu, Camat Lubukbegalung Nofiandi Amir menyampaikan, pelaksanaan MTQ ini berlangsung dari 9-11 Juni 2024. Peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 374 Qori-Qoriah, dari 15 kelurahan se-Kecamatan Lubukbegalung.

“Ada lima cabang yang kami perlombakan dalam MTQ kali ini. Diantaranya cabang tilawah, hifzil Quran, tartil quran, fahmil Qur’an, dan Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ). Lom­ba ini mengusung te­ma, Merajut Generasi Qur­ani, Berilmu dan Beramal, Ilmiah” sebutnya.

Pembukaan MTQ ini ditutup dengan penandatangan kesepakatan bersama antar pemangku kepentingan di Kecamatan Lubukbegalung tentang Ketahanan Keluarga “Babaliak Ka Surau dan Implementasi ABS-SBK

Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke-41 Tingkat Kecamatan Lubuk Begalung, Opriadi menyebut bahwa kegiatan MTQ di daerah tersbut akan berlangsung di enam lokasi berbeda, yaitu arena utama Gedung Balai Basuo, Masjid Al Muttaqin, Masjid Darul Hikmah, Masjid Ikhwanul Muslimin, Surau Zam-zam, dan Masjib Al Munawarrah.

“MTQ ke-41 ini diikuti 15 kelurahan dengan total jumlah kafilah sebanyak 374 orang,” terangnya.. (rel)

Exit mobile version