PT Semen Padang Resmikan Jembatan Jogging Track di Taman Bukit Gelanggang Dumai

PERESMIAN JEMBATAN JOGGING— Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis (kanan) bersama Asisten Administrasi Umum Pemko Dumai Muhammad Syafi’ie (kiri) melakukan pemotongan pita peresmian Jembatan Jogging Track di Taman Bukit Gelanggang Kota Dumai, Rabu (5/6/).

DUMAI, METRO–Wali Kota Dumai diwakili  Asisten Administrasi Umum, HM.Syafie pada Rabu (5/6) me­resmikan jembatan jogging track sepanjang 65 meter dengan lebar 2 meter yang dibangun PT Semen Pa­dang melalui program Tang­gung Jawab Sosial Ling­kungan (TJSL), di Ta­man Bukit Gelanggang Ko­ta Dumai, Provinsi Riau.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Pa­dang, Iskandar Z Lubis dalam sambutannya menyampaikan, PT Semen Pa­dang membangun jembatan jogging track di Ta­man Bukit Gelanggang Ko­ta Dumai ini, merupakan sa­lah satu wujud kepe­du­lian PT Semen Padang me­la­lui program TJSL di bi­dang sosial dan lingkungan. Tujuannya adalah mendukung Pemko Dumai dan masyarakat berolahraga, sehat dan kuat.

“Disamping mendukung ma­sya­rakat Dumai ber­olah­raga, sehat dan kuat, ka­mi juga selalu siap men­du­kung pembangunan infrastruktur Dumai yang pada tahun 2023 lalu memiliki pertumbuhan ekonomi mencapai 6,05 persen,” kata Iskandar.

Guna mendukung pembangunan infrastruktur di Dumai, lanjut Iskandar, PT Semen Pa­dang menjamin pasokan dan kualitas semen untuk wila­yah Dumai dan sekitarnya dengan adanya pengantongan Semen Padang  di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Provinsi Riau. Pengantongan Semen Padang ini mampu menyiapkan semen ber­kua­litas hingga 2400 ton perhari.

“Sebagai perusahaan semen yang sangat berpengalaman karena merupakan semen pertama di Asia Tenggara, PT Semen Pa­dang kami menjamin pasokan dan kualitas semen ke Dumai. Bahkan, jika volumenya masih kurang, kami akan mendatangkan pa­so­kan dari Kota Pa­dang,”­ kata Iskandar.

Dia mengungkapkan pembangunan jembatan Jogging Track tersebut dilatar belakangi  pertemuan antara manajemen PT Semen Padang dengan Kepala Diskopar Kota Dumai, Nurzerwan, beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu, Pemko Dumai butuh dukungan dari PT Semen Padang untuk melanjutkan pembangunan jembatan jogging track di Taman Bukit Gelanggang Kota Dumai sepanjang 65 meter.

PT Semen Padang, katanya, selama ini rutin memberikan bantuan TJSL di wilayah Dumai. Selain membangun jembatan jog­ging track, dan taman berlogo perusahaan,  anak usaha SIG itu juga rutin menyalurkan beasiswa untuk 60 pelajar, dan sunatan massal untuk 40 anak.

“Juga ada program ban­tuan alat tangkap ikan untuk dua kelompok nelayan di Bangsal Aceh, serta program bantuan sapi kurban. Selain itu, juga ada program mudik bersama gratis untuk perantau minang yang ada di Kota Dumai, berbagai program TJSL lainnya di Kelurahan Bangsal Aceh dan di Kota Dumai pada umumnya,” kata Iskandar.

Pada kesempatan itu Iskandar berharap dukungan dari pemerintah dan ma­sya­ra­kat Dumai terhadap PT Semen Padang sebagai perusahaan BUMN, karena kontribusi perusahaan kepada negara selaras dengan keuntungan perusahaan jika keuntungan meningkat ma­ka kontribusi akan bertambah, begitu juga sebaliknya. Dukungan itu dapat dilakukan dengan tetap menggunakan pro­duk Semen Pa­dang dalam pembangunan Dumai.

“Kami mohon dukungan dari segenap masyarakat Dumai agar PT Semen Pa­dang tetap terus berkontribusi untuk negara dan ma­sya­rakat,” katanya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Pemko Dumai, Muhammad Sya­fi’ie, yang hadir mewakili Walikota Dumai H Paisal, mengatakan bahwa jembatan jogging track ini sebelumnya memiliki panjang lebih kurang 200 meter. Namun, jembatan itu belum terhubung ke jalan yang ada di Taman Bukit Gelanggang. Sehingga, ma­­sya­­rakat yang jogging di jembatan itu terpaksa harus balik arah.

Karena kondisi itu lah, pihaknya meminta bantuan ke PT Semen Padang untuk melanjutkan pembangunan jembatan jogging tersebut. “Alhamdulillah, Semen Padang langsung meresponnya. Untuk itu, saya mewakili Bapak Walikota Dumai, mengucapkan terima kasih kepada Semen Padang yang telah membangun jembatan jogging track ini,” katanya.

“Semoga kolaborasi Pemko Dumai dan Semen Padang dalam mengembangkan Taman Bukit Gelanggang sebagai lokasi wisata asri yang juga di­leng­kapi dengan hutan di tengah kota ini semakin berlanjut untuk kolaborasi di berbagai hal lainnya. Apalagi sejauh ini, Semen Padang adalah perusahaan semen yang peduli terhadap masyarakat Kota Dumai,” sambung Syafi’ie.

Jembatan jogging ini, tambahnya, sangat representatif sekali bagi masya­rakat untuk olahraga jogging. Karena, dilengkapi dengan pagar di sisi kiri dan kanannya, sehingga aman untuk jogging. Dan, tentunya kehadiran jembatan ini semakin mengu­kuhkan lagi status Ta­man Bukit Gelanggang sebagai pusat kegiatan masyarakat yang asri dengan fasilitas olahraga yang mulai meningkat.

“Taman Bukit Gelanggang ini sudah memiliki lapangan basket, voli, ska­teboard dan lapangan terbuka untuk olahraga bela diri. Jadi, persembahan jembatan jogging track dari Semen Padang ini semakin membuktikan bahwa Ta­man Bukit Gelanggang su­dah bertransformasi men­jadi pusat kegiatan masya­rakat di berbagai bidang, seperti bidang ekonomi, kesenian, keagamaan, rekreasi, dan olahraga,” pung­kas Syafi’ie.

Peresmian jembatan jogging track yang ditandai dengan pengguntingan pita itu, turut dihadiri Staf Direksi PT Semen Padang Amral Ahmad, Kepala Unit Grinding Packing Plant of Dumai Teguh Sovyanto, dan Staf Program TJSL Unit CSR PT Semen Padang Nurwan. Kemudian dari Pemko Dumai, tampak hadir Sekretaris Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata (Diskopar), Norzam. (ren/rel)

Exit mobile version