Yosefriawan Dilantik jadi Pj Sekda Kota Padang, “Bangun Koordinasi dan Kolaborasi, Jangan Bekerja Sendiri-sendiri”

PELANTIKAN PJ SEKDA— Pj Wali Kota Padang Andree Harmadi Algamar melantik Kepala Bapenda Kota Padang Yosefriawan sebagai Pj Sekda, di Aula Bagindo Aziz Chan, Balai Kota Padang Aie Pacah, Rabu (29/5).

AIE PACAH, METRO–Pj Wali Kota Padang An­dree Harmadi Algamar resmi melantik kepala Badan Pen­dapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang Yosefriawan se­bagai Pj. Sekretaris Daerah (Sek­da) Kota Padang. Pelan­tikan dan pengambilan sum­pah jabatan berlangsung di Aula Bagindo Aziz Chan, Balai Kota Padang Aie Pacah, Rabu (29/5).

Andree Harmadi Algamar mengatakan, bahwa pe­lantikan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Gubernur Sumatera Barat Nomor 800/3488/III/BKD-2024 Perihal Usulan Pen­jabat Sekretaris Daerah Kota Padang.

“Penunjukan Yosefriawan atas persetujuan Gubernur Sumatera Barat. Saya ucapkan selamat bertugas kepada Bapak Yosefriawan selaku Pj Sekda yang baru. Saya yakin dengan berbagai pengalaman yang bapak lalui selama ini, akan mampu menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” kata Andree usai pelantikan.

Dipilihnya Yosefriawan se­bagai Pj Sekda bukan tan­pa alasan. Andree me­nyebut, ketika akan meminta persetujuan kepada Gubernur, dirinya sempat ditanya alasan memilih Yosefriawab sebagai Pj Sekda.

“Saya sempat ditanya Gubernur kenapa memilih Yosefriawan, saya jawab karena kita (Padang) butuh koordinator yang kuat da­lam (mengamankan) PAD, karena Yosefriawan sebelumnya merupakan kepala Bapenda dan mampu mencapai PAD tertinggi dalam sejarah,” ungkap Andree. Selain mampu mengatrol PAD, Andree mengakui bahwa Yosefriawan sudah malang melintang di pemerintahan. Bertugas dari jajaran paling bawah, menduduki sejumlah jabatan dan berprestasi hebat saat jadi Kepala Bapenda.

“Yosefriawan ibarat pilot, jam terbangnya tinggi, pilot ke luar negeri, saya yakin dengan pengalaman dan kompetensi yang tinggi itu akan mampu menjawab tantangan (sebagai Sekda),” tegas Andree.

Andree berpesan kepada Pj Sekda yang baru untuk bekerja lebih optimal. Meraih PAD yang lebih tinggi lagi. “Serta mampu menjalin komunikasi yang baik dengan dan antar OPD di Pemko Padang,” pesannya.

Andree Harmadi Algamar menuturkan, bahwa saat ini Kota Padang sedang menjalankan transisi ke­pe­mimpinan dan pemerintahan, dari kepemimpinan se­be­lumnya, Hendri Sep­ta dan Ekos Albar, sam­pai terpilihnya pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang pada Pilkada 27 November  nanti.  Dinamika ini harus dilalui agar tidak terjadi keko­so­­ngan pemerintahan yang menyebabkan seluruh pelayanan publik terganggu.

“Kepada Pj. Sekda yang baru untuk terus melakukan peningkatan pengawasan dan kerjasama dalam pelaksanaan pekerjaan-pekerjan yang ada di organisasi perangkat daerah. Bangun koordinasi dan kolaborasi sehingga tidak ada yang bekerja sendiri-sendiri,” pungkas Andree.

Diketahui, sebelumnya jabatan Sekretaris Daerah Kota Padang ini dijabat Andree Harmadi Algamar sejak 13 Juni 2022 lalu. Pada 17 Mei 2024 lalu Andree Harmadi Algamar ditunjuk oleh Mendagri RI menjadi Pj Wali Kota Padang, menggantikan Wali Kota Padang Hendri Septa yang habis masa jabatan.

Turut hadir dalam pelantikan ini Kapolresta Pa­dang Kombes Pol Ferry Harahap, Dandim 0312 Pa­dang Kolonel Kav Yudha Setiawan, dan Kasi Intelijen Kejari Padang Afliandi, Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Padang Ny. Vanny Andree Algamar, dan Plh Ketua DWP Kota Padang Ny. Netti Yosefriwan. (brm)

Exit mobile version