Peringati Hari Jadi Kota Padang ke-355, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Adakan Lomba Video “Padang Dalam Catatan dan Fakta Sejarah”

LOMBA HUT PADANG— Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, Feri Mulyani bersama Kasi Promosi dan Layanan Perpustakaan, Sefni Hayati saat menunjukkan poster lomba video pendek untuk memeriahkan HUT Kota Padang.

PADANG, METRO–Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang akan mengadakan lomba video kreatif pendek dengan tema, “Padang Dalam Catatan dan Fakta Sejarah”. Lomba ini terbuka untuk umum dengan hadiah puluhan juta rupiah. Para peserta dapat mengumpulkan hasil karya yang dimilikinya mulai dari tanggal 28 Mei hingga 28 Juni.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, Feri Mulyani mengatakan, lomba ini merupakan suatu rangkaian acara untuk memperingati Hari Jadi Kota Padang ke-355.

Dijelaskannya, yang menjadi latar belakang Dinas Perpustakaan mengangkat tema tersebut adalah meningkatkan literasi dan menggairahkan kembali minat masyarakat Kota Padang terutama kaum muda untuk mengetahui fakta sejarah yang ada di Kota Padang ini.

“Karya historiografi selama ini hanya dituangkan dalam bentuk tulisan seperti artikel, makalah, jurnal maupun buku. Bagi sebagian orang menganggap sejarah tersebut hanya merupakan masa lalu. Padahal untuk menciptakan sejarah yang menarik untuk dinikmati di zaman sekarang ini,  hanya perlu menciptakan ruang dan kemasan yang baru untuk bisa sampai atau menjadi konsumsi dan informasi masyarakat,” katanya.

Ketentuan lomba di an­taranya, jenis karya berupa video pendek fakta dan orisinal, bukan animasi atau dokumenter. Durasi minimal 3 menit dan maksimal  5 menit Peserta bebas membuat jenis atau gaya video, namun berisi informasi sesuai tema.

Video sesuai dengan norma sosial, tidak berisi pelecehan atau penghinaan terhadap SARA Video belum pernah diikutkan lomba, karya orisinil, tidak melanggar hak cipta, me­nuliskan atau menyebutkan sumber referensi jika ada.

Feri juga menyebut, lomba ini juga sebagai sa­lah satu program untuk promosi minat baca ma­sya­rakat mulai dari SD, SMP,­ SMA, pendidikan khu­sus, dan masyarakat umum.

“Lomba terbuka untuk umum dan gratis tidak di pungut biaya apapun. Peserta lomba boleh dari individu atau kelompok dengan cara mendaftar diri melalui link pendaftaran http://festival­cerita­dis­pusip­­­­padang.­word­press.­com yang sudah disiapkan panitia, dengan ketentuan objek video berada di Kota Padang,” jelasnya.

Selain itu, peserta juga diwajibkan untuk meng-upload hasil karya di akun media sosial pribadinya, dan mengikuti akun Instagram @perpustakaankotapadang dan @dispusippadang.

“Hasil karya yang telah dikirim di link yang sudah disediakan tersebut, akan dinilai oleh juri yang kompeten di bidangnya, dan pemenang diumumkan pa­da rangkaian HUT Kota Pa­dang,” ungkapnya. (brm)

Exit mobile version