Dilantik 5 Juni 2024, Dr. Krismadinata Terpilih Jadi Rektor UNP Periode 2024-2029

PEMILIHAN REKTOR— MWA UNP bersama para Calon Rektor UNP Periode 2024-2029 saat pemilihan yang dilakukan oleh MWA di Ruang Sidang Senat, Rabu (8/5).

HAMKA, METRO–Dr. Ir. Krismadinata, S.T, M.T terpilih menjadi Rektor Universitas Ne­geri Padang (UNP) pe­riode 2024-2029 dalam pemilihan yang dila­kukan oleh Majelis Wali Ama­nat (MWA) di Ruang Sidang Senat, Rabu (8/5).

Dekan Fakultas Tek­nik UNP itu berhasil me­raih suara terbanyak pada Sidang Khusus MWA Pemilihan Rektor 2024-2029, setelah ber­ha­sil meraih 17 suara dari total 24 suara MWA. Di mana 9 suara dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Men­dibukristek) dan 15 suara Anggota MWA lainnya.  Se­dang­kan dua Calon Rektor UNP lainnya masing-ma­sing Prof. Yohandri, M.Si, Ph.D, mendapatkan 6 suara dan Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt, ­1 suara.

“Ini bagian terakhir dari proses Pemilihan Rektor kita (Rektor UNP Periode 2024-2029), yaitu memilih Rektor dari tiga Calon Rektor yang ada,” ungkap Ketua MWA Prof. Dr. Z. Ma­wardi Effendi, M.Pd saat membuka Sidang Khusus MWA itu.

Proses pemilihan yang dihadiri 16 Anggota MWA ini dipimpin langsung oleh Ketua MWA UNP didampingi oleh perwakilan dari Kemdikbudristek yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc serta Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.d dan juga unsur dari perwakilan masyarakat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ir. Arifin Tasrif.

“Menetapkan Saudara Dr. Ir. Krismadinata, S.T, M.T sebagai Rektor UNP Periode 2024-2029,” demikian bunyi Surat Keputusan (SK) MWA UNP Nomor 101/UN35.­MWA­/HK­/2024 tentang Penetapan Rektor Terpilih UNP Periode Tahun 2024-2029 tanggal 8 Mei 2024.

“Dengan berakhirnya Pemilihan Rektor UNP hari ini maka berakhir pula pro­ses Pemilihan Rektor UNP Periode 2024-2029 yang sudah digelar sejak Januari lalu,” tutup Ketua MWA.

Diketahui sebanyak 16 Anggota MWA hadir dari 17 daftar Anggota MWA da­lam pemilihan itu. Terdiri Mendikbudristek, Rektor UNP, Ketua SAU, perwakilan dosen, perwakilan tenaga pendidikan, perwakilan alumni, perwakilan mahasiswa dan terakhir perwakilan masyarakat.

Setelah proses pemilihan oleh Anggota MWA, dilaksanakan proses rekapitulasi perolehan suara Rektor UNP terpilih yang dipimpin langsung oleh Ketua Panitia Pemilihan Rektor (PPR) Prof. Dr. Alnedral, M.Pd dan disaksikan langsung saksi dari Perwakilan Dosen Prof. Dr. Minda Azhar, M.Si, Perwakilan Masyarakat Dr. Irwan Syahril, dan Perwakilan Tendik Upita Yeniza, M.Pd.

Selanjutnya Ketua MWA langsung menetapkan Dr. Krismadinata menjadi Rektor terpilih UNP Periode 2024-2029. Di mana berita acaranya ditandatangani oleh seluruh anggota MWA yang hadir.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNP, Alnedral mengatakan, proses pemilihan Rektor UNP telah dimulai sejak sosialisasi yang dilakukan sejak 19 Januari silam, kemudian dilanjutkan dengan proses penjaringan, penyaringan dan pemilihan. “Alhamdulillah tidak ada hal hal negatif dalam proses pemilihan,” terangnya.

Proses pemilihan Rektor UNP akan dilanjutkan dengan pelantikan Rektor UNP terpilih pada 5 Juni 2024 nanti oleh Mendikbudristek RI. Hal ini dika­re­nakan 4 Juni 2024, masa periode Rektor UNP yang sekarang berakhir.

Sementara, Rektor UNP, Prof Ganefri mengatakan proses pemilihan Rektor UNP telah berjalan sesuai dengan aturan MWA hingg terpilihnya Rektor UNP yang baru. “Terima kasih kepada panitia dan Kemendikbudristek RI yang telah berikan suaranya sesuai kajian dan wawancara selama ini. MWA melakukan proses pemilihan yang telah berjalan satu tahap. Tahap terakhir melantik yang akan dihadiri Mendkbudristek RI,” ungkapnya via zoom. (fan)

Exit mobile version