Bank Nagari Salurkan Bantuan untuk 3 Daerah Terdampak Erupsi Marapi

SALURKAN BANTUAN— Pjs Dirut Bank Nagari Gusti Chandra menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 3 kepala daerah yang terdampak erupsi Gunung Marapi, Kamis (4/4) di Kantor Pusat Bank Nagari.

PEMUDA, METRO–PT Bank Nagari me­nya­lurkan bantuan ke­pada 3 wilayah yang ter­dampak erupsi Gunung Marapi yaitu, Kabu­pa­ten Agam, Kabupaten Tanahdatar dan Kota Padang Panjang. Penye­rah­an bantuan tersebut dil­akukan secara si­m­bolis oleh Pjs Direktur Utama (Dirut) Bank Na­gari, Gusti Chandra, Ka­mis (4/4) di Kantor Pusat Bank Nagari, Jalan Pe­muda Padang, ke­pada 3 kepala daerah yang ter­dampak erupsi.

Dari Kota Padang Panjang dihadiri langsung Pj Walikota, Son­ny Budaya Putra, dari Ka­bu­paten Tanah Datar dih­a­diri Kepala BKD Helfy Rah­mi Harun, dan Kepala Di­nas Pertanian, Sri Mulyani. Sedangkan dari Kabupaten Agam dihadiri Kepala Ba­dan Pelaksana BPBD Kabu­p­a­ten Agam, Budi Perwira Negara.

Pjs Dirut Bank Nagari, Gusti Chandra mengata­kan, erupsi Gunung Marapi yang telah terjadi sejak Desember 2023 hingga sa­at ini, telah menimbulkan dampak baik korban jiwa maupun kerugian pada sektor pertanian akibat hujan debu vulkanik, di wi­layah Tanah Datar, Agam, dan Padang Panjang.

“Oleh sebab itu melalui kantor Cabang yang wilay­ahn­ya berada dekat de­ngan daerah yang terdampak Erupsi Gunung Marapi, Bank Nagari memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak erupsi dengan rincian, Kota Padang Panjang sebesar Rp 25 juta, Kabupaten Agam sebesar Rp 25 juta, dan Kabupaten Tanah Datar sebesar Rp 50 juta,” ujar Gusti Chandra.

Dikatakan Gusti Chandra, penyerahan bantuan kepada korban terdampak bencana yang ada di Su­matera Barat merupakan program CSR Bank Nagari terkait dengan kepedulian kepada masyarakat dan tangg­ung jawab sosial Bank Nagari.

Dijelaskan, bantuan ini termasuk bantuan sosial bidang kemasyarakatan bidang bencana merupakan bantuan untuk korban bencana alam, sebagai fasilitas penunjang kehidupan sosial masyarakat yang diberikan baik dalam bentuk dana, barang dan/atau jasa untuk peningkatan kualitas kehidupan sosial masyarakat, dan se­kaligus sebagai bentuk ke­pedulian di bulan suci Ramadhan 1445 H.

“Pemberian bantuan CSR Bank Nagari ini dapat membangun kepercayaan dan hubungan baik antara perusahaan dan ma­sya­rakat, serta dapat mendorong partisipasi ma­sya­ra­kat terhadap kegiatan bank,­” pungkasnya.

Sementara itu, mewakili Kepala Daerah penerima bantuan daerah terdampak erupsi Marapi, Pj Walikota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra menyampaikan, dampak terbesar dari erupsi Marapi ini dirasakan oleh masyar­akat yang berada di sektor pertanian.

“Khusus untuk Padangpanjang, ada sekitar 419 kepala keluarga yang terdampak yang berada di sektor pertanian ini, dengan area 57 hektare dengan kerugian lebih kurang lebih kurang 13 miliar. Begitu juga dengan yang ada di Tanahdatar dan Agam. Tentunya kita merasakan kepedihan dan duka yang sangat dalam atas apa yang dialami oleh ma­sya­rakat,” ujar Sonny.

Diungkapkan Sonny, apa yang dilakukan Bank Nagari ini merupakan sua­tu hal yang sangat besar manfaatnya bagi ma­sya­rakat di 3 daerah tersebut.

“Kita berterima kasih kepada Bank Nagari yamg selalu hadir dalam setiap kegiatan atau juga hal-hal yang berkaitan baik itu pemerintahan daerah maupun di kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya. Se­kali lagi terima kasih kepada seluruh jajaran Bank Nagari atas apa yang di­berikan dan mudah-mudahan ke depan, Bank Nagari semakin jaya,” pungkasnya. (rom)

Exit mobile version