Safari Ramadhan ke Pariaman dan Solsel, Disambut Antusias Warga, Kehadiran Gubernur Didukung Penuh Wali Kota dan Bupati

disambut antusias— Kehadiran Gubernur Sumbar, Mahyedi Ansharullah dan rombongan TSR Pemprov Sumbar didampingi Pj Wali Kota Pariaman, Roberia disambut antusias jemaah saat berkunjung ke Masjid Raya Marunggi, Desa Marunggi, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, beberapa waktu lalu.

PADANG, METRO–Momentum bulan suci Rama­dhan 1445 Hijriah dimanfaatkan Gubernu Sumatra Barat (Sum­bar) Mahyeldi Ansharullah ber­kunjung dari masjid ke masjid di kabupaten kota dan menyalur­kan bantuan melalui kegiatan Safari Ramadhan. Tidak hanya itu, melalui program singgah sahur, Mahyeldi mendatangi ru­mah warga yang kurang mam­pu, melihat langsung kehidupan yang mereka jalani serta mem­berian bantuan rehab rumah dan meringankan kehidupan mereka.

Program dan kegiatan yang dilaksanakan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah ber­sama Tim Safari Rama­dhan (TSR) Pemprov Sum­bar selama Ramadhan ini memberikan manfaat yang cukup besar bagi pemba­ngunan daerah dan pe­ningkatan kesejahteraan kehidupan masyarakat. Kehadiran Mahyeldi dan rombongan TSR Pemprov Sumbar mendapat du­ku­ngan penuh dari peme­rintah kabupaten kota, dengan hadirnya bupati dan wali kota saat Safari Ramadhan.

Seperti saat kunjungan Mahyeldi dan rombongan TSR Pemprov Sumbar ke Kota Pariaman, Kamis (21/3). Kehadiran Mahyeldi dan rombongan didampingi langsung Pj Wali Kota Pariaman, Roberia, beserta jajaran OPD Pemko Pariaman.

Di Kota Pariaman, Mah­yedi dan rombongan TSR mengunjungi Masjid Raya Marunggi, Desa Marunggi, Kecamatan Pariaman Selatan. Di hadapan jemaah masjid, Mahyeldi menyampaikan, Pemprov Sumbar, bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota memindahkan aktivitas pendidikan dari sekolah ke masjid selama Rama­dan tahun ini. Sementara itu di luar Ramadhan, dua kali sebulan pelajar juga mengikuti wirid remaja di masjid. Hal ini, sebagai wujud usaha mendekatkan generasi muda dengan masjid.

Memakmurkan masjid juga bagian dari implementasi Undang-undang (UU) Nomor 17 Tahun 2022 tentang Sumbar. Di mana UU tersebut menerangkan sa­lah satu karakter orang Sumbar adalah menganut falsafah Adat Basandi Sya­rak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Dalam kunjungannya, Mahyeldi juga mengapresiasi upaya Pengurus Ma­sjid Raya Marunggi, yang tengah membangun mas­jid baru yang lebih besar dan representatif untuk menampung lebih banyak jemaah. Dalam kesempatan ini, Mahyeldi bersama rombongan juga menya­lurkan bantuan dari Pemprov Sumbar dan dari banyak lembaga untuk pembangu­nan masjid tersebut.

Bantuan yang diserahkan sebesar Rp50 juta, dari PT Semen Padang (Rp15 juta), Bank Nagari (Rp5 juta), Dinas Pendidikan Sumbar (Rp5 juta, serta bantuan pendidikan dari Baznas Sumbar untuk SMA/SMK di Kota Pariaman senilai Rp507 juta. Selain itu, juga disalurkan bantuan perlengkapan iba­dah dari sejumlah OPD Pemprov Sumbar.

Di Kota Pariaman, selain mengunjungi masjid, Mahyeldi dan rombongan juga sahur bersama keluarga Afriyenti di Dusun Lingkungan II, Desa Ujung Batu, Pariaman Tengah sebagai penerima bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH). Mahyeldi me­nyerahkan bantuan rehab RTLH senilai Rp25 juta, ditambah bantuan dari Bank Nagari senilai Rp2,5 juta, serta bantuan kebutuhan dan perlengkapan dari OPD terkait di lingkup Pem­prov Sumbar.

“Afriyenti berstatus janda dengan dua anak, warga tergolong tidak mampu yang kita beri bantuan rehab rumah. Saat ini, Afriyenti tinggal menumpang di rumah saudaranya, karena rumahnya belum selesai dibangun, dan terbeng­kalai sejak suaminya meninggal tahun 2019 lalu,” terang Mahyeldi.

Dalam kunjungannya, Mahyeldi juga mengisi agenda Subuh Mubarak di Kecamatan Pariaman Te­ngah. Kegiatan Subuh Mu­barak ini menarik animo banyak warga yang membuat jemaah membeludak hingga membentuk saf di luar masjid.

Dukungan kegiatan Safari Ramadhan Mahyeldi dan rombongan TSR Pemprov Sumbar juga datang dari Pemkab Solok Selatan (Solsel). Kehadiran Mah­yeldi dan rombongan TSR Provinsi Sumbar di Masjid Jami’ Al-Mukhlisin Mudiak Lawe Barat, Nagari Sako Utara Pasia Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Senin (18/3) disambut langsung oleh Bupati Solsel, Khairunas, Sekdakab Solsel dan Kepala OPD Pemkab Solsel, Ketua dan Anggota DPRD Solsel.

Dalam kesempatan itu, Mahyeldi juga menyerahkan bantuan pengembangan pembangunan Masjid Jami’ Al-Mukhlisin. Bantuan yang diserahkan dari Pemprov Sumbar senilai Rp50 juta, Bank Nagari (Rp5 juta), Jamkrida Sumbar (Rp5 ju­ta), Dinas Pendidikan Sumbar (Rp5 juta), serta bantuan Alquran dari Kanwil Kemenag Sumbar, sejumlah OPD dan KPID Sumbar.

Bupati Solsel, Khairunas, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Sumbar beserta rombongan TSR Provinsi Sumbar, sehingga dapat menjadi wadah silaturrahim dan semakin merekatkan hubungan Pemprov Sumbar dengan Pemkab Solsel, yang sejauh ini telah terjalin sangat baik.

Khairunas juga menyampaikan harapan kepada Gubernur Sumbar menjembatani perbaikan kerusakan jalan menuju Kabupaten Solsel. Terutama ruas jalan di Kabupaten Solok. Sebab, setiap hari jalan tersebut menjadi jalur perlintasan barang dan orang. “Berdasarkan informasi dari Bapak Gubernur, sudah terjalin komunikasi dengan pihak kementerian untuk menindaklanjuti kerusakan jalan tersebut. Semoga, hasilnya sesuai harapan kami bersama,” ujar Khairunas.

Dalam kunjungannya ke Solsel, Mahyeldi dan rombongan TSR Pemprov Sumbar berkunjung ke Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, dalam agenda Singgah Sahur di rumah warga, menyerahkan bantuan bedah RTLH, serta menyampaikan tausiah pada Subuh Mubarak, Selasa (19/3).

Mahyeldi bersama rombongan TSR Pemprov Sumbar ber­­tolak ke Nagari Abai singgah sahur di rumah keluarga Sani. Dalam kesempatan ini Mah­yeldi menyerahkan bantuan bedah RTLH untuk keluarga Sani antara lain, bantuan dari Baznas Sum­bar senilai Rp25 juta, dari Bank Nagari (Rp2,5 juta), serta paket sembako dan perlengkapan ibadah. “Semoga bantuan yang diterima, dapat digunakan oleh Ibuk Sani dan keluarga, untuk memperbaiki rumahnya,” ujar Mahyeldi lagi.

Usai singgah sahur, Mahyeldi beserta rombongan beranjak ke Masjid Nurul Ulum Abai Sangir Batang Hari dengan agenda Subuh Mubarak. Mah­yeldi juga membuka ruang diskusi dengan jemaah Masjid Nurul Ulum, terkait pengembangan pembangunan di nagari, serta me­nyerahkan bantuan pe­ngembangan pembangu­nan masjid senilai Rp25 juta. Beberapa hal yang disampaikan masyarakat kepada Gubernur di antaranya terkait akses jalan, akses pendidikan, dan beberapa persoalan lainnya. (AD.ADPSB)

Exit mobile version