Mengisi Waktu Berbuka Puasa, Personel Lanud SUT Gelar Simulasi Pemadam Kebakaran

SIMULASI PEMADAMAN KEBAKARAN— Danlanud SUT Kolonel Nav Sani Salman Nuryadin, menyaksikan latihan simulasi pemadaman kebakaran bertempat di sekitar Apron Lanud SUT, Padang, Jumat (22/3).

HAMKA, METRO–Lanud SUT. Komandan Lanud Sutan Sjahrir Kolonel Nav Sani Salman Nuryadin didampingi Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud SUT Mayor Lek Bam­­­bang Brades, memim­pin latihan simulasi pemadaman kebakaran bertempat di sekitar Apron Lanud SUT, Padang, Jumat (22/3).

Latihan ini juga bertujuan untuk menguji dan memelihara kemampuan personel PK/Crash Team Lanud SUT dalam menghadapi api. Hal ini juga dapat melatih sampai dimana kesiapan dan kesigapannya menyiapkan personel beserta peralatannya untuk selalu siap siaga dengan segala kemungkinan adanya bahaya kebakaran disekitarnya.

Danlanud SUT Kolonel Nav Sani Salman Nuryadin, mengatakan program tersebut bukan hanya se­kedar dilaksanakan saja, tetapi ini harus benar benar dihayati. Sehingga kemampuan dan keahlian dari setiap personel bisa lebih bertambah dan  ter-upgrade.

“Saya juga berterima kasih untuk keseriusan dari seluruh personel yang me­laksanakan. Terlihat tadi setiap personil sudah paham untuk bertugas sesuai dengan bidangnya masing masing, siapa dan berbuat apa sudah jelas,” ungkapnya.

Selain itu, Danlanud mengatakan, bahwa Latihan PK (Pemadam Keba­karan) adalah suatu hal penting, mengingat sering adanya operasi penerbangan di lingkungan TNI AU.

“Kita harus sigap menghadapi ketika adanya sesuatu kemungkinan yang terjadi. Bukan hanya dalam operasi penerbangan saja, melainkan di lingkungan rumah dan sekitarnya. Kita sebagai prajurit TNI harus bisa mengatasi apabila terjadi kebakaran,” sebutnya.

Dalam latihan ini diskenariokan terjadi kebakaran lahan disekitar Apron Lanud SUT. Selanjutnya tim PK / crash team Lanud SUT dengan sigap dan cepat memadamkan api. Latihan tersebut juga berjalan aman dan lancar baik personel maupun materil. (jes/rel)

Exit mobile version