Damkar Padang Latih Warga Padamkan Api

PELATIHAN PADAMKAN API— Damkar Kota Padang melatih warga untuk memadamkan api, sehingga dapat meminimalisir luasnya kebakaran dan mengancam keselamatan jiwa.

LUBEG, METRO–Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang mem­buat terobosan dengan melatih masyarakat untuk mema­dam­kan api. Kebakaran sering ter­jadi atau mudah terjadi di­ling­kungan padat penduduk, baik diakibatkan karena korsleting lis­trik, gas elpiji yang meledak dan berbagai penyebab keba­ka­ran lain.

“Musibah kebakaran dapat menimbulkan kerugian, mengancam keselamatan jiwa. Oleh karena itu, upaya pencegahan dan penang­gu­langan bahaya ke­ba­karan itu, butuh ke­pedulian serta peran aktif semua pihak,” Kepala Dinas Dam­kar Kota Padang, Budi Pa­yan, kemarin.

Kawasan pertama yang dipilih oleh Dinas Damkar Kota Padang, yakni Kecamatan Lubuk Begalung dengan melibatkan 50 orang. “Pesertanya terdiri dari beberapa unsur kepemudaan, tokoh masya­ra­kat dan relawan kebenca­naan yang tersebar di 15 kelurahan se-Kecamatan Lubuk Begalung,” kata Budi Payan.

Budi Payan mengatakan, peserta dibekali materi tentang bahaya kebakaran dan apa saja yang harus dilakukan saat terjadi bencana kebakaran di lingkungannya masing-masing.

“Mereka kami latih kita cara pemadaman awal di saat api kecil sampai menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) atau tinggi (APAT) di saat terjadi kebakaran awal,” katanya.

“Kegiatan ini, In Syaa Allah akan berlanjut di beberapa Kecamatan di Kota Padang,” tutur eks Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Padang tersebut. (brm)

Exit mobile version