Tingkatkan Aktivasi IKD, Disdukcapil Libatkan Perbankan

DUKUNGAN PERBANKAN— Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang Teddy Antonius, menghadiri penyelenggaraan BCA Auto Show, dan siap berkolborasi dengan pihak perbankan untuk mencapai penggunaan aktivasi IKD.

PADANG, METRO —Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang Teddy Antonius mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan capaian aktivasi Identitas Ke­pendudukan Digital (IKD).

Setelah melibatkan OPD,­ BUMN, BUMD dan sekolah, kali ini Disdukcapil Kota Padang ber­kolaborasi dengan Bank BCA, saat penyelenggaraan BCA Au­to Show 2024, Rabu (6/3). “Upaya ini kita lakukan, agar bagaimana ma­sya­ra­kat Kota Padang ketika menggunakan layanan pu­blik seperti bank lebih mu­dah,” kata Teddy.

Dengan IKD, sambung Teddy, masyarakat tidak perlu lagi menggunakan foto copy dokumen sebagai syarat urusan di bank.

“Karena tidak meninggalkan fisik, hanya berbagi data pada pihak bank, tentunya ini jaminan keamanan bagi nasabah dan pihak bank,” tambah Teddy.

Teddy berharap, kepada seluruh bank untuk bisa me­laksanakan aktivasi IKD. ­Ia menambahkan, Dis­dukcapil siap datang ke bank yang bersangkutan untuk mela­ku­kan aktivasi IKD jika ada in­formasi dan koordinasi dengan Disdukcapil.

Kepala Kantor Cabang Utama BCA Padang Edy menilai, dengan adanya IKD, secara keamanan mem­buat masyarakat le­bih nyaman karena tidak takut lagi ketinggalan ataupun kehilangan KTP.

“Dari sisi dunia perbankan, sangat membantu me­mu­dahkan, kedepannya kita berharap pembukaan re­kening, transaksi per­ban­­kan, serta administrasi da­pat menggunakan IKD,” kata Edy.

Sebagai wujud dukungan BCA untuk implementasi KTP digital (IKD), lanjut Edy, pada even auto show, pihaknya mengundang Disdukcapil untuk melakukan aktivasi IKD kepada karyawan dan nasabah BCA.

“Kita akan melakukan sosialisasi, baik kepada karyawan maupun nasabah agar dapat melakukan aktivasi IKD,” pungkasnya. (rel)

Exit mobile version