Penuhi Kebutuhan Pangan, Pemko Akan Launching Kampung Ketahanan Pangan Berbasis Keluarga

MUSRENBANG— Walikota Padang Hendri Septa saat menghadiri Musenbang Kecamatan Padang Timur, Rabu (28/2).

PADANG, METRO–Guna membantu warga memenuhi kebutuhan pangan, khususnya yang terkait kebutuhan sehari-hari, Pemerintah Kota Padang berencana akan meluncurkan Program Kampung Ke­ta­hanan Pangan Berbasis Keluarga.

Rencana ini dipaparkan Walikota Padang, sesuai membuka kegiatan Mu­sya­warah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Padang Timur, di salah satu hotel, Rabu (28/2).

Program ini, kata Wako, merupakan langkah Pemerintah Kota Padang gu­na memberikan perhatian khusus kepada masya­rakat, terutama di sektor pertanian dan pangan.

“Masyarakat akan di­be­rikan bantuan, agar bisa ber­dikari dalam memenuhi kebutuhan pangan,” kata Wako.

Adapun bentuk program ini terang Wako, ma­sya­rakat satu wilayah yang terdiri dari 20-30 rumah, akan diberikan bantuan bibit, seperti bibit sayur, cabe, bibit ayam petelur dan bibit ikan

“Selain bantuan bibit, juga disediakan penyuluh, sehingga masyarakat da­lam bercocok tanam maupun beternak, sesuai dengan ilmunya, sehingga hasil maksimal,” tambah Wa­ko.

Untuk tahap awal, kata Wako, rencananya program ini akan dilaksanakan di Kecamatan Kuranji, yang­ memiliki lahan pertanian cukup luas.

“Ini akan kita jadikan Pilot Projek, jika berhasil maka akan kita laksanakan di seluruh wilayah di Kota Padang,” tutur Wako.

Melalui program ini, imbuh Wako berharap ma­sya­rakat dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya tanpa mengeluarkan biaya. (brm)

Exit mobile version