Traffic Light Mati Bingungkan Pengendara, Traffic Light Mati Bingungkan Pengendara, Kadishub: Sudah Uzur dan Faktor Cuaca Membuat Rusak

TRAFFIC LIGHT— Traffic light tepatnya di perempatan Masjid Raya Sumbar terpantau Senin (19/2) sekitar pukul 12.15 WIB mati, sehingga membingungkan pengendara yang akan melewati jalur tersebut.

KHATIB, METRO–Sejumlah Traffic light (Lampu merah) yang ada di Kota Padang mengalami mati sejak beberapa hari terakhir. Akibatnya, penge­mudi mengalami kebingungan saat melewati perempatan dan dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang, Ances Kur­nia­wan mengatakan bahwa, pihak­nya sudah mengetahui hal tersebut dan saat ini tengah dilakukan pro­ses perbaikan.

“Traffic light tersebut memang umurnya sudah uzur (tua) semua, ditambah faktor cuaca membuatnya korslet, kita su­­dah mencoba untuk mem­­perbaiki namun alat­nya memang harus di ganti baru, yang saat ini sedang kita pesan di Yogyakarta,” katanya.

Pantauan POSMETRO Senin, (19/2) pukul 12. 15 WIB di Perempatan depan Masjid Raya Sumbar, terlihat pengendara roda empat kebingungan saat me­lanjutkan perjalanan, pengendara tersebut tampak menghentikan laju kenda­ra­annya untuk menghin­da­ri kendaraan di de­pan­nya.

Selain itu, kendaraan dari arah berlawanan tampak menerobos dan saling mendahului, sehingga kondisi jalan menjadi semrawut, namun belum tampak satupun petugas yang mengatur lalu lintas.

Ances menyebut, alat yang rusak tersebut adalah CPU yang bersifat komputerisasi yang sudah terintegrasi. Sehingga, kalau CPU tersebut rusak tidak bisa untuk diperbaiki lagi, dan hanya bisa di ganti dengan alat yang baru.

Tidak hanya di perempatan depan Masjid Raya Sumbar, traffic light di beberapa titik jalan lain termasuk di jalan Bypass juga mengalami mati sejak beberapa hari ini.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa penyebab lainnya adalah maraknya aksi pencurian kabel di sepanjang jalan Khatib Sulaiman yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, sehingga me­nye­babkan kerugian terhadap Pemko Padang dan masyarakat.

Sementara itu Kasatlantas Polresta Padang, Kompol Alfin menyebut, petugas Lantas Polresta Padang ada di pos strong point masing-masing, sehingga apabila macet di jam padat akan langsung dilakukan pengaturan lalu lintas untuk mengurai ke­ma­cetan.

“Petugas kita kan ada di setiap pos strong point masing-masing, nanti kalau terjadi kemacetan di jam padat seperti pagi dan sore hari maka akan dilakukan pengaturan lalu lintas,” katanya. (brm)

Exit mobile version