KPU Padang Distribusikan 13.405 Kotak Suara, Daerah Papiko H-1 Pencoblosan

PENDISTRIBUSIAN KOTAK DAN BILIK SUARA— Petugas KPU Kota Padang dikawal aparat keamanan melakukan pendistribusian logistik Pemilu Serentak 2024, yakni kotak suara dan bilik suara dari gudang KPU di Bypass, ke Kelurahan Kubu Marapalam dan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Minggu (11/2).

padang, metro–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang akan mulai mendistribusikan ko­tak suara ke seluruh TPS yang ada di 11 kecamatan mulai tanggal 11 Februari 2024. Kotak suara didistri­buskan untuk 2.681 Tempat Pe­mungutan Suara (TPS) yang tersebar di 11 Ke­cama­tan.

Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra mengatakan, kotak suara se Kota Padang, se­banyak 13.405 kotak sua­ra. “Setelah pengepakan, kotak suara itu akan didis­tri­bu­sikan ke seluruh TPS yang ada di 11 kecamatan mulai tanggal 11 Februari 2024,” katanya, Minggu (11/2).

Dijelaskannya, kotak suara itu meliputi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Pro­vinsi dan DPRD kabupaten/ko­ta. “Distribusi kota suara dilakukan pada tanggal 11, 12, 13 Februari, akan dikirimkan dari gudang ke seluruh kantor lurah di Pa­dang,” kata Riki.

Dijelaskannya, pendistribusian tahap pertama akan disalurkan ke daerah terdekat atau pusat kota. Sementara daerah pinggiran atau jauh dari pusat kota Padang akan dilakukan H-1 pencoblosan.

Kemarin, pendistribusian logistik Pemilu 2024, sudah didistribusikan untuk lima kecamatan, yakni Pa­dang Selatan, Padang Ti­mur, Padang Barat, Padang Utara dan Lubukbegalung. Selain kotak suara, KPU juga mendistribusikan sebanyak 10.724 bilik suara.

Untuk Padang Selatan didistribusikan di 12 kelurahan, dengan jumlah 205 TPS (1.025 kotak suara dan 820 bilik suara). Kemudian di Kecamatan Padang Timur, didistribusikan untuk 231 TPS (1.155 kotak suara dan 924 bilik suara).

Selanjutnya, di Kecamatan Padang Barat dengan 137 TPS (685 kotak sua­ra, 548 bilik suara). KPU juga mendistribusikan logistik, kemarin di Kecamatan Padang Utara dengan 177 TPS (885 kotak suara, 708 bilik suara). Terakhir di­lakukan di Kecamatan Lu­beg dengan 343 TPS (1.715 kotak suara, 1.372 bilik suara).

“Pendistribusian kita lakukan sejak Minggu pagi hingga sore ke gudang-gudang kelurahan. Selanjutnya, besok (Senin) dilakukan kembali di Keca­ma­­tan Lubukkilangan, Pauh, Kuranji, dan Nanggalo. Sedangkan di hari terakhir, tanggal 13 Februari dilakukan di Kecanatan Kototangah dan Bungus Teluk Kabung,” ungkap Riki.

Sebelumnya, Wali Kota Padang Hendri Septa mengajak seluruh warga Kota Padang untuk tidak golput dan menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baik­nya hari pencoblosan Pe­milu 2024, pada 14 Februa­ri.

“Mari kita gunakan momentum ini untuk memilih pemimpin yang terbaik bagi bangsa dan negara,” ajak Hendri Septa.

Hendri Septa juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu. Menurutnya, pemilu merupakan sarana de­mo­krasi untuk memilih pe­mimpin yang akan membawa bangsa dan negara ke arah yang lebih baik.

“Oleh karena itu, mari kita jaga dan sukseskan pesta demokrasi ini dengan menggunakan hak pilih kita,” imbuhnya.

Kepada generasi mu­da, Hendri Septa berpesan agar mereka dapat menggunakan hak pilihnya dengan penuh tanggung ja­wab. “Ayo datang ke TPS dan gunakan hak pilih untuk menentukan masa de­pan bangsa dan negara,” tandasnya. (ren)

Exit mobile version