Andre Rosiade Caleg DPR RI Peraih Suara Tertinggi di Dapil Sumbar I

PADANG, METRO–Calon anggota DPR RI incumbent dari Partai Gerindra Andre Rosiade dinya­ta­kan berpotensi kembali menjadi peraih suara tertinggi di Dapil Sumbar I pada Pemilu 2024. Hal itu tergambar dalam rilis Survei Indonesia (LSI) terkait peta elektoral jelang Pemilu 2024 di Sumbar, beberapa waktu lalu. Survei dilakukan 11 sampai 18 Ja­nuari 2024.

Andre Rosiade yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar menda­pat­kan angka yang sangat tinggi dari hasil survei top of mind dengan pertanyaan, jika pemilihan anggota DPR RI dari daerah pemilihan sini dilaksanakan sekarang, siapa nama calon yang akan dipilih? Andre Ro­sia­de nuncul dengan angka 15,1 persen.

Jumlah itu jauh mening­gal­kan semua Caleg di Dapil Sum­bar I baik dari internal Gerindra atau partai lain. Di tempat kedua ada incumbent DPR dari PAN Athari Gauthi Ardi yang mendapatkan 5,3 persen. Selanjutnya incumbent Lis­da Hendrajoni (NasDem) 5,2 persen, Zigo Rolanda (Golkar) 3,6 persen, incumbent Suir Syam (Gerindra) 3,3 persen.

Selanjutnya, Zahra Mar­diah Anwar (PDIP) 3,1 persen, Shadiq Pasadigoe (NasDem) 2,5 persen, incumbent Hermanto (PKS) 1,6 persen, incumbent Asli Chaidir (PAN), incumbent Darizal Basir (Demokrat) cuma 0,7 persen. Incumbent Golkar Darul Siska malah tak terlihat dan tergabung pada lainnya 3 persen dan yang belum menjawab masih tinggi, 33,6 persen.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan PhD mengatakan, survei dilakukan dengan sampel sebanyak 800 orang diambil dengan menggunakan metode mul­tistage dengan toleransi kesalahan (margin of error) ± 3.5% pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling. Sampel berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di Sumbar I yang terdistribusi secara proporsional.

“Wawancara tatap mu­ka dilakukan oleh pewa­wan­cara yang telah dilatih terhadap responden terpilih. Sumbar I terdiri dari Kota Padang, Mentawai, Pesisir Selatan (Pessel), Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Tanahdatar, Padangpanjang, Sijunjung, Sawahlunto dan Dharmasraya,” katanya.

Bahkan, katanya, dari survei tahu dan suka yang dilakukan LSI, Andre Rosiade tetap menjadi yang nomor satu. Andre diketahui sekitar 70,3 persen responden dan 80,3 persennya menyukainya. Disusl Lisda Hendrajoni 29,4 persen (73,4), Athari Gauthi Ardi 28,8 persen (77,3), Suir Syam 23,1 persen (69,9).

Saat LSI melakukan survei terkait sosialisasi dan tatap muka, Andre juga tetap menjadi paling tinggi. LSI menanyakan, dalam satu bulan terakhir, siapa saja yang pernah Ibu/Bapak pernah lihat/baca gambar atau namanya melalui pertemuan umum/tatap muka/pertemuan secara langsung.

Andre Rosiade mendapatkan 14,4 persen, Athari Ghauthi 5,4 persen, Suir Syam 4,3 persen, Lisda Hendrajoni 3,6 persen dan Hermanto 2,3 persen. Arti­nya, Andre juga bekeraj keras turun ke lapangan dan mendapatkan sambutan hangat dari masya­rakat. Turun ke lapangannya Andre itu mampu me­mikat calon pemilih di Sumbar.

Kata Djayadi, dengan kontribusi Andre yang besar itu, membuat Gerindra juga terus bisa mempertahankan sebagai partai pemenang di Sumbar seperti 2019. Dari hasil survei simulasi surat suara, Dapil I saja, Partai Geriindra mendapat suara terbanyak, 26.5%. Disusul NasDem 14.3%, PKS 10%, PAN 10%, Golkar 9.6%, PDIP 7.3%, Demokrat 3%, PKB 2.4%, PPP 2.3%, Ummat 0.4%, Perindo 0.2%, Hanura 0.1%, Gelora 0%, PBB 0%, Buruh 0%, PKN 0%, Garuda 0%, dan PSI 0%. Ada 13.9% yang­ belum tahu. (r)

Exit mobile version