Pelayanan RSUD Rasidin dan Puskesmas makin Prima dengan e-BLUD

PADANG, METRO–Untuk mempermudah, dan mendukung akuntabilitas penyelenggaraan pengelolaan keuangan di pus­kesmas, Dinas Kesehatan Kota Padang mengadakan Bimbingan Teknis e-blud bagi 24 Puskesmas se-Kota Padang, Kamis (1/2). Melalui e-BLUD pelayanan kesehatan di puskesmas dan rumah sakit akan lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan, serta bertanggungjawab.

“Adanya aplikasi e-BLUD agar kita semua lebih bisa memanfaatkannya dengan cermat, ini aplikasi yg sangat bagus digu­na­kan,” kata Sekda Andree Al­gamar saat membuka ke­giatan itu.

Dijelaskan, Kementerian Dalam Negeri sudah menerbitkan aplikasi e-BLUD yang telah diterapkan di beberapa puskesmas dan rumah sakit. Ini langkah dan inovasi yang baik bagi Dinas Kesehatan Kota Padang untuk segera mengembangkan tata kelola keuangan dengan sis­tem e-BLUD.

Ditekankan Andree, di era teknologi yang sema­kin canggih ini, semua ASN jangan sampai ketingga­lan. Apalagi di era digital saat ini, semua sudah me­ng­gunakan aplikasi. “Tentunya e-BLUD memudahkan dalam bekerja, khu­sus­nya puskesmas dan RSUD Rasidin,” jelasnya.

Kota Padang sebutnya, sudah menerapkan BLUD Puskesmas dengan sistem holding sampai 2016, sedangkan RSUD Rasidin de­ngan BLUD mandiri. Pada tahun 2018 puskesmas su­dah BLUD mandiri hingga se­­ka­rang. Pengelolaan BLUD di Kota Padang me­ng­­gunakan aplikasi penganggaran dan penatausahaan keuangan khusus.

“Harapan ke depan, ini dapat mendorong terwujudnya akuntabilitas kinerja yang semakin baik di bidang pengelolaan keuangan dan anggaran,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pa­dang dr. Srikurnia Yati, menerangkan bahwa e-BLUD adalah sistem aplikasi yang di dalamnya merupakan aplikasi sistem pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Dijelaskannya, Pemerintah Kota Padang  menyelenggarakan Bimtek Aplikasi BLUD agar bisa optimal dan ideal. Serta menjadi peran penting untuk Puskesmas se-Kota Pa­dang dan RSUD dr Rasidin dalam pembinaan aplikasi BLUD ini.

“Serta menyiapkan re­gu­lasi dalam rangka im­plemen­tasi pengelolaan BLUD, Meningkatkan kapasitas SDM pengelola, pem­­bina, dan pengawas BLUD, dan mengalokasikan anggaran pada APBD sebagai dukungan pengelolaan BLUD puskesmas se-kota padang dan RSUD Rasidin,” ucapnya.

Kegiatan ini diikuti se­jumlah ASN di seluruh Puskesmas dan rumah sakit daerah di Padang. Hadir sebagai narasumber Kasubdit BLUD Kemendagri Wisnu Saputro dan Kepala Bidang Perbendaharaan BPKAD Kota Padang Irsan.  (brm)

Exit mobile version