Cuaca Ekstrem, BPBD Ingatkan Warga Tetap Waspada, Pohon Tumbang Hambat Akses Jalan di Air Manis

EVAKUASI POHON— Tim Reaksi Cepat dari BPBD Kota Padang melakukan evakuasi dengan memotong setiap dahan dan ranting pohon yang menghambat di Pantai Air Manis Padang, RT 05/RW 10 Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan, Rabu (3/1) pagi.

PADANG, METRO–Cuaca buruk berupa hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai angin kencang yang me­landa Kota Padang, me­ng­akibatkan pohon ber­u­kuran besar tumbang di Pantai Air Manis Padang, RT 05/RW 10 Kelurahan Mata Air, Kecamatan Pa­dang Selatan, Rabu (3/1) pagi. Akibatnya, akses ja­lan menjadi terhambat.

Tidak hanya itu, pohon jug aikut menimpa jaringan kabel Telkom. Kabid Kedaruratan dan Logistik (KL) BPBD Kota Padang, Al Banna, mengungkapkan kejadian tersebut dilaporkan ke BPBD Kota Padang pada pukul 08.30 WIB. Petugas langsung diturunkan untuk mengevakuasi pohon.

Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD Kota Pa­dang­ memotong setiap dahan dan ranting pohon yang menghambat jalan ter­­se­but. Selanjutnya me­min­­dahkannya ke pinggir jalan agar dapat kem­bali di lalui.

“Pohon tumbang ini menghambat akses jalan warga, selain itu juga menimpa jaringan kabel Tel­kom, sehingga harus dengan sigap dievakuasi,” ungkap Al Banna.

Dikatakannya, jenis pohon tumbang tersebut adalah berjenis Sigalacik, yang berukuran cukup besar, dengan panjang sekitar 18 meter, dan diameter batang berukuran sekitar 65 centimeter.

Sementara, penyebab pohon tumbang tersebut, katanya, karena hujan yang disertai angin kencang. Sehingga akar pohon tidak mampu menahan beban berat sendiri pohon yang disebabkan oleh angin.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan jika tidak memiliki keperluan. Dan tetap selalu berhati-hati jika ha­rus beraktivitas di luar ruangan saat terjadi hujan le­bat.

Menurut  Al Banna, BPBD Kota Padang kembali mengingatkan masya­ra­kat untuk tetap waspada ter­hadap cuaca ekstrem yang terjadi di Kota Pa­dang. Seperti diketahui hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah Kota Padang sejak beberapa hari terakhir.

“Kamu mengimbau kepada masyarakat untuk tidak keluar rumah jika tidak memiliki keperluan, karena saat ini dalam ke­adaan cuaca yang kurang bagus dan sering terjadi hujan yang disertai angin kencang,” katanya. (brm)

Exit mobile version