Wako Lepas Jenazah Ife Korban Erupsi Marapi

PELEPASAN JENAZAH KORBAN ERUPSI— Wali Kota Padang Hendri Septa melepas jenazah Ife, mahasiswi D3 Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang (PNP), di rumah duka, Jalan Sirsak VI Perumnas Belimbing, Kecamatan Kuranji, tepatnya di depan SDN 48 Kuranji, Senin (18/12) pagi.

KURANJI, METRO–Kabar duka kembali datang dari korban yang selamat dari bencana erupsi Gunung Marapi pada 3 Desember 2023 lalu. Salah seorang korban yang selamat bernama Zhafirah Zahrim Febrina (19) meninggal dunia pada Minggu (17/12) sore pukul 17.50 WIB.

Perempuan yang kerap disapa Ife itu sempat dirawat secara intensif di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr M Djamil Padang.

Zhafirah dirawat akibat luka bakar yang terimanya sewaktu kejadian erupsi Gunung Marapi. Zhafirah diketahui merupakan Mahasiswi Diploma-3 (D3) Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang (PNP) semester 3.

Wali Kota Padang sisa masa jabatan 2018-2023, Hendri Septa langsung melepas kepergian Almarhumah di kediamannya Jalan Sirsak VI Perumnas Belimbing, Kecamatan Kuranji, tepatnya di depan SDN 48 Kuranji, Senin (18/12) pagi.

“Kami turut berduka cita atas musibah yang menimpa anak kita. Mari kita doakan Almarhumah Husnul Khotimah, diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Semoga keluarga bisa tabah menerima takdir ini, Aamiin Ya Rabbal Alamin,” katanya.

Hendri Septa mengeklaim sempat menjenguk Zhafirah sewaktu dirawat di rumah sakit. Ia melihat keadaan Zhafirah yang sudah mulai membaik dan memiliki semangat luar biasa untuk sembuh. Namun takdir berkata lain, kini Zhafirah telah berpulang.

“Kullu nafsin dzaiqotul maut’, yang artinya setiap makhluk yang bernyawa pasti merasakan kematian. Demikian juga kita yang hadir saat ini, semua kita akan mati tinggal menunggu kapan dan dimana sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT,” tuturnya.

Pelepasan jenazah Zhafirah itu turut dihadiri oleh pihak keluarga, keluarga besar PNP Padang dan masyarakat sekitar. Turut hadir mendampingi Hendri Septa, Kadis Kominfo Bobby Firman, Kepala BPBD Hendri Zulviton, Kabag Umum Harry Krisna Mulia, Camat Kuranji Yandra.

Diketahui, korban Zhafirah Zahrim Febrina di bawa ke rumah duka pada Minggu malam, pukul 20.37 WIB dari RSUP M Djamil Padang, setelah dilakukan proses memandikan, pengafanan dan diantarkan langsung ambulans M Djamil.

Kabar meninggalnya Ife, sapaan akrab Zhafirah ini sempat beredar di sejumlah WhatsApp Grup pada Minggu sore. Kemudian, kabar duka ini juga disampaikan oleh akun Instagram resmi Politeknik Negeri Padang, tempat Ife kuliah, pukul 19.00 WIB.

Perihal informasi tersebut kemudian dibenarkan oleh Dirut RSUP M Djamil Dr. dr. Dovy Djanas Sp.OG KFM, MARS. “Atas nama direktur utama dan civitas hospitalia RSUP M Djamil, kami turut berduka cita atas meninggalnya Zhafira di ruang ICU Tulip setelah menjalani perawatan sejak 2 minggu terakhir di RSUP M. Djamil,” ujar Dovy.

Dikatakan Dovy, beberapa waktu terakhir, terjadi pasang surut kondisi pasien sehingga menjalani perawatan intensif di ruang ICU, sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 17.50 WIB.

“Kita berdoa kepada Allah semoga almarhumah diterima segala amal ibadah dan diampuni segala kesalahan, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan,” ungkapnya.

Dijelaskan dirut, RSUP M Djamil telah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan perawatan kepada Zhafira. “Penyelenggaraan jenazah sepenuhnya dilakukan pihak RSUP M Djamil mulai dari proses memandikan, mengafani dan memfasilitasi pengantaran jenazah hingga dikuburkan,”pungkasnya.

Diketahui, Ife menjalani perawatan intensif di M Djamil karena luka bakar yang cukup serius yang diterimanya saat erupsi Gunung Marapi. Sebelum dirawat di M Djamil, Ife dirujuk dari RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi setelah berhasil dievakuasi tim gabungan dari Gunung Marapi.

Diketahui, Ife sempat menyita perhatian publik pascaerupsi lantaran video ia minta tolong kepada ibunya dengan kondisi wajah penuh abu viral di media sosial.

Setelah itu, video yang memperlihatkan ia digendong oleh seorang anggota TNI tengah malam untuk turun gunung juga viral. (brm)

Exit mobile version