Sukses Wujudkan Kota Sehat, Kota Padang Raih Dua Penghargaan dari Kemenkes RI

PENGHARGAAN— Pemko Padang, meraih dua penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Selasa (29/11) malam di Jakarta.

AIA PACAH, METRO–Pemerintah Kota (Pemko) Padang, meraih dua peng­har­gaan dari Kementerian Kese­hatan (Kemenkes), salah satu­nya kategori kota sehat setelah enam tahun absen.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Padang, dr Sri Kurnia Yati mengata­kan,­ dua penghargaan yang­ di­berikan yakni Swas­ti Saba kategori Wiwerda dan Sa­nitasi Total Berbasis Mas­ya­rakat (STBM) kate­gori ma­dya, masing-ma­sing di pe­ringkat dua.

“Penghargaan Swasti Sa­ba adalah penghargaan ter­­hadap dukungan dan ke­ber­pihakan pemerintah da­erah dan masyarakat da­lam urusan kesehatan,” ka­tanya, Rabu (29/11) siang.

“Sementara penghargaan STBM adalah dalam rangka keberhasilan pemerintah daerah dalam perubahan perilaku ma­sya­rakat untuk hidup sehat,” sambung perempuan yang akrab disapa Nia itu.

Wakil Wali Kota (Wawako) Padang, Ekos Albar mengapresiasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan warga Kota Padang atas keberhasilan meraih penghargaan ter­sebut.

Ekos mengatakan, Kota Padang sudah lama tak meraih penghargaan ter­sebut, di mana terakhir men­dapatkannya pada ta­hun 2017.

“Alhamdulillah tahun ini berhasil diraih kembali. Semoga di tahun depan Kota Padang berhasil me­raih peringkat yang lebih baik. Kami dedikasikan penghargaan ini terkhusus untuk warga Kota Padang,” katanya.

Ekos mengharapkan peng­hargaan tersebut bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja seluruh instansi di Kota Padang untuk terus meningkatkan kualitas kesehatan warga kota.

“Senang dan bangga boleh. Tapi, penghargaan ini harus disikapi dengan kinerja yang lebih baik lagi di bidang kesehatan Kota Padang. Semoga Dinkes dan seluruh jajarannya bisa menjadi lokomotif peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya di Kota Padang,” tuturnya. (brm)

Exit mobile version