BPBD Salurkan 5.000 Liter Air di Kawasan Gunung Padang, 3 Bulan Warga Krisis Air Bersih, Musim Kemarau, Sumber Mata Air di Perbukitan tak Mengalir lagi

PENYALURAN AIR BERSIH— Warga di RT 04 RW 04 Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, atau di dekat kawasan Gunung Padang, Jumat (24/11), kembali mendapatkan bantuan air bersih yang didatangkan BPBD Kota Padang.

BATANG ARAU, METRO–Krisis air bersih di kawasan Gunung Padang, Kelurahan Batang Arau, Keca­matan Padang Selatan, sudah lama ter­jadi. Warga pun hingga kini masih ter­dam­pak krisis air bersih dan kesulitan men­dapatkan air bersih untuk keperluan mi­num dan perluan sehari-hari.

Merespon keluhan warga tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Jumat (24/11), mengerahkan satu unit truk tangki berisi air bersih dengan kapasitas 5000 liter untuk dibagikan kepada warga setempat di kawasan RT 04 RW 04 Kelurahan Batang Arau tersebut.

Kedatangan truk tangki air itu, disambut gembira warga yang tampak antusias antre mendapatkan air bersih. Jerigen demi jerigen milik warga dibawa untuk menampung air diisi dengan air bersih.

“Kami mendapatkan laporan dari warga bahwa ada kekeringan yang melanda kawasan Gunung Padang, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan. BPBD menurunkan truk tangki air berisi 5000 liter,” kata Danru Lapangan BPBD Kota Padang, Juli Akhir.

Diketahui, warga sudah mengalami kekeringan su­dah sejak lebih kurang tiga bulan terakhir. Seperti biasanya BPBD Kota Padang selalu sigap menerjunkan tim untuk menyalurkan air untuk menjawab keluhan masyarakat.

Menurut pengakuan sa­lah seorang warga bernama Yeni, di kawasan tersebut sebetulnya ada mata air, namun karena musim kemarau saat ini mata air itu tidak mengeluarkan air.

Dia menyebut, warga hanya mengandalkan bantuan air bersih dari pemerintah. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih, yakni untuk man­di, cuci, memasak dan lainnya.

“Kami biasanya mengambil air dari salah satu sumur mata air di bukit. Namun sekarang setelah 3 bulan belakangan ini, air tidak mengalir lagi dan kamu menjadi kesulitan dalam memenuhi keperluan air bersih,” kata Yeni, berharap pemerintah bisa membantu, sehingga me­reka tidak kesulitan air lagi saat musim kemarau tiba.

Dengan air bersih yang disalurkan oleh BPBD Pa­dang itu, permasalahan air bersih untuk kehidupan sehari-hari masyarakat akan terbantu.

“Air ini digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti untuk memasak, mandi, mencuci pakaian, dan juga untuk berwudhu. Kami merasa sangat terbantu dengan adanya air bersih ini,” katanya. (brm)

Exit mobile version