Sampah Libur Nataru Diprediksi Meningkat 8 Persen, DLH Awasi Pengangkutan di Objek Wisata

PEMBUANGAN AKHIR— Saat ini kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Aia Dingin, sudah menggunung dengan sampah. DLH Kota Padang memprediksi pada libur Nataru 2023 nanti, sampah yang dihasilkan diprediksi meningkat 8 persen.

AIE PACAH, METRO–Memasuki momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, jumlah timbulan sampah di Kota Padang diprediksi meningkat capai 8 persen dari hari biasa. Pemerintah Kota Padang, mensiasati hal itu dengan meningkatkan pengawasan serta pengangkutan sampah di sejumlah objek wisata.

Plt Kepala Dinas Ling­kungan Hidup (DLH) Kota Padang, Edi Hasymi mengatakan, bahwa langkah pengawasan serta pengangkutan sampah di sejumlah objek wisata itu perlu dilakukan agar dapat me­minimalisir jumlah timbulan sampah agar jumlah yang diprediksi mencapai 8 persen itu dapat ditekankan lagi.

“Fokus utama tentunya melakukan pengangkutan dan pengawasan terhadap sampah dilokasi objek wi­sata yang tersebar di kota Padang,” kataEdi, Minggu (19/11).

Jumlah sampah yang diprediksi meningkat ini, berdasarkan data jika ber­kaca seperti tahun-tahun se­belumnya. Dimana, saat memasuki libur Nataru, Kota Padang sebagai ibu­kotanya Provinsi Sumbar selalu dipadati oleh pengunjung yang datang dari luar kota maupun luar Pro­vinsi Sumbar.

Diketahui saat ini, jumlah timbulan sampah di Kota Padang yang diantarkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Dingin, Kecamatan Koto Tangah mencapai 600-650 ton perhari.

Dan, jika jumlah timbulan sampah itu tidak ada penurunan yang signifikan ke depan, dikhawatirkan TPA Air Dingin tidak mampu menampung sampah di tahun depan.

Menghadapi prediksi lonjakan timbulan sampah itu, DLH Kota Padang me­nyebut akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kota Padang, serta Pihak Kelurahan dari masing-masing Kecamatan yang ada, untuk bersama-sama, bahu-membahu mening­kat­kan keberhasilan.

Selain memberikan imbauan kepada masyarakat, terutama wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Padang, Edi menyebut akan ada Tim K3 Pemko Padang yang akan menertibkan pelaku buang sampah sembarangan yang disiagakan di sejumlah tempat.

“Kita mengimbau agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya, jika kedapatan membuang sam­pah sembarangan akan ada tim K3 yang ada di tiap kelurahan maupun kecamatan yang akan menertibkan para pelaku jika kedapatan langsung me­lakukan hal tersebut,” katanya. (brm)

Exit mobile version